Find Us On Social Media :

12 Pikiran Beracun yang Dapat Menghancurkan Hidup Anda (1)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 20 November 2014 | 18:45 WIB

12 Pikiran Beracun yang Dapat Menghancurkan Hidup Anda (1)

Intisari-Online.com – Pikiran dan emosi dipercaya mampu mengendalikan hidup seseorang. Kalau seseorang lebih sering berpikir positif, tentu kehidupannya juga akan bergerak ke arah positif. Namun yang kerap terjadi adalah kebanyakan orang lebih mudah dikendalikan pikiran negatif. Dan anehnya, hal itu adalah normal bagi mereka. berikut ini adalah 12 pikiran beracun yang dapat menghancurkan hidup Anda.

1. Berpikir bahwa Anda adalah korban

Sesungguhnya Anda bukan korban. Jadi berhenti menyalahi orang lain atau keadaan atas masalah yang Anda hadapi. Hanya karena Anda tidak suka dengan kondisi saat ini, tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengubahnya menjadi lebih baik. Jadi singkirkan pola pikir bahwa Anda adalah korban. Pikiran ini hanya menghambat kesuksesan Anda. Sadarilah bahwa hanya Anda yang bertanggung jawab terhadap nasib Anda.

2. Berpikir bahwa Anda dapat mengubah orang lain

Anda tidak bisa melakukan itu, sebab satu-satunya hal yang dapat mengubah orang lain adalah diri mereka sendiri. Jika mereka tidak ingin berubah, maka usaha Anda untuk mengubah mereka akan sia-sia. Jadi, jangan mengkhawatirkan orang lain. Jika Anda tidak menyukai mereka sebagaimana adanya, maka lebih baik jangan bergaul dengan mereka.

3. Berpikir untuk melawan kenyataan

Ada beberapa hal yang dapat Anda ubah. Anda dapat menurunkan berat badan. Anda dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik. Anda dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Anda bisa menikah. Tapi di antara itu semua, ada beberapa hal yang tidak bisa diubah. Anda tidak bisa mengubah sikap atasan yang menyebalkan. Anda tidak bisa mengubah kenyataan bahwa Anda harus membayar tagihan kartu kredit. Daripada melawan kenyataan itu, lebih baik Anda menerimanya.

4. Berpikir tentang “rumput tetangga selalu lebih baik”

“Kalau saja aku secantik gadis itu, pasti aku akan senang.” “Kalau aku punya banyak uang seperti dia, pasti aku akan bahagia.” “Kalau pekerjaanku seringan dia, pasti aku tidak akan kelelahan.” Pernah kah pikiran-pikiran tersebut terlintas di benak Anda? Kalau ya, mulai saat ini, jauhkan pikiran itu dari benak Anda. Sebab, Anda tidak tahu bagaimana perjuangan orang lain agar memiliki banyak uang. Barangkali rekan Anda yang punya banyak uang itu menghabiskan bahwa waktu di kantor untuk bekerja. Jadi, rumput tetangga tidak selalu lebih baik. Hargailah usaha Anda sendiri. Dan bersyukurlah atas apa yang sudah Anda miliki saat ini.

5. Memiliki harapan terhadap orang lain

Barangkali Anda pernah berharap, sahabat Anda bisa memiliki rumah yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Hanya karena Anda berharap demikian, bukan berarti dia akan melakukannya. Anda mungkin juga tidak suka bila orang lain mengharapkan Anda melakukan sesuatu.

6. Berpikir bahwa memiliki sesuatu yang sempurna akan melengkapi kehidupan Anda