Find Us On Social Media :

Inilah Manfaat Bersikap Baik

By Birgitta Ajeng, Selasa, 25 November 2014 | 18:00 WIB

Inilah Manfaat Bersikap Baik

Intisari-Online.com - Bersikap baik memiliki kekuatan yang luar biasa dalam berbagai kesepakatan bisnis serta kehidupan pribadi. Namun kadang orang yang bersikap baik kerap dianggap terlalu riang, pasif, lemah, dan takut. Bersikap baik bukan berarti tersenyum pasrah saat orang lain meginjak-injak kita. Bersikap baik berarti bergerak maju dengan kepercayaan diri serta berpandangan jernih. Berikut ini adalah manfaat bersikap baik seperti yang ditulis di buku The Power of Nice: Cara Menaklukkan Dunia Bisnis Dengan Bersikap Baik, karya Linda Kaplan dan Robin Koval.

1.  Bersikap baik berarti lebih beruntung dalam percintaan

Tingkat perceraian orang-orang yang rendah hati dan baik adalah setengah dari populasi umum, ungkap suatu penelitian di University of Toronto.

2. Bersikap baik menghasilkan lebih banyak uang

Menurut Profesor Daniel Goleman, yang melakukan penelitian tentang bagaimana emosi memengaruhi tempat kerja dalam bukunya Primal Leadership, terdapat hubungan langsung antara moral karyawan dan jumlah uang yang diperoleh. Suatu penelitian menemukan bahwa setiap dua persen kenaikan dalam atmosfer layanan – yakni keceriaan serta kesediaan para staf untuk membantu secara umum – menghasilkan satu persen kenaikan dalam pemasukan.

3. Bersikap baik itu lebih sehat

Suatu penelitian di University of Michigan menemukan bahwa para manula Amerika yang memberikan dukungan kepada orang lain – baik melalui pekerjaan sukarela maupun sekadar menjadi teman dan tetangga yang baik – memiliki tingkat kematian prematur 60 persen lebih rendah dibandingkan orang-orang sebaya mereka yang tidak mau membantu.

4. Bersikap baik mengurangi tuntutan di pengadilan

Suatu penelitian menemukan bahwa para dokter yang tidak pernah dituntut di pengadilan berbicara dengan pasien mereka tiga menit lebih lama dibandingkan para dokter yang telah dituntut dua kali atau lebih, ungkap sebuah laporan Malcolm Gladwell dalam bukunya Blink: Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir.

Nah, itu tadi manfaat bersikap baik. Semoga bermanfaat.