Find Us On Social Media :

Tindakan Tepat Orang Tua Saat Anak Dimusuhi Temannya (2)

By Axel Natanael Nahusuly, Minggu, 30 November 2014 | 08:00 WIB

Tindakan Tepat Orang Tua Saat Anak Dimusuhi Temannya (2)

Intisari-Online.com - Mengalami penolakan dari lingkungan sekitar, bukan hanya menyakiti orang dewasa tapi juga anak-anak kecil. Seiring masa pertumbuhan anak, terutama yang sudah bersekolah, konflik dan permusahan tentu rentan terjadi. Nah, bagaimana tindakan tepat orang tua saat anak dimusuhi temannya?

Sebelumnya kita sudah membahas hal apa saja yang sebaiknya jangan diajarkan orang tua saat anak dimusuhi temannya. Kali ini kita akan bahas hal apa yang harus diajarkan pada anak yang mengalami situasi tersebut. Berikut saran Barbara R. Greenberg, Ph.D.

Perlu ajarkan ini pada anak

1. Ajarkan anak untuk intropeksi diri. Memang benar bahwa saat anak dimusuhi atau dimarahi oleh orang lain, sebagai orangtua pasti Anda tidak terima dan mendadak langsung naik darah. Coba kendalikan emosi demi kebaikan anak di masa mendatang. Salah satunya adalah berkomunikasi dengan meminta anak untuk intropeksi diri, menelaah mengapa teman-temannya tak ingin bermain bersamanya, dan tentu saja bimbing si kecil untuk memperbaiki sifatnya yang kurang disukai tersebut.

2. Ajarkan anak untuk berempati. Cari tahu apakah si anak yang memusuhi sedang mengalami masalah keluarga, jika benar, maka minta anak untuk berempati dengan cara tidak memasukan dalam hati dan lebih fokus pada teman yang baik serta pelajaran di sekolah.

3. Ajarkan anak soal penolakan lain di waktu mendatang. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa sifat bermusuhan dan penolakan juga akan dirasakan oleh anak di waktu mendatang. Maka dari itu, bersabarlah untuk membimbing dan mendoakan anak untuk bisa menerima hal-hal kurang menyenangkan dalam hidupnya dengan sikap terpuji sekaligus membanggakan.Itulah tindakan tepat orang tua saat anak dimusuhi temannya. (Kompas)