Find Us On Social Media :

Bagaimana Bisa Mengingat Sesuatu Hal?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 11 Desember 2014 | 19:45 WIB

Bagaimana Bisa Mengingat Sesuatu Hal?

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Anda bisa mengingat sesuatu hal? Selama berabad-abad para filsuf mencoba untuk memahami memori manusia dan meski sudah dilakukan, masih banyak bagian-bagian yang belum dipetakan. Lalu, bagaimana kita bisa mengingat suatu hal, bagaimana kita bisa membuat memori?

Pentingnya memori

Memori sangat penting bagi manusia, karena segala sesuatu yang kita lakukan melibatkan memori dalam beberapa cara. Kita mengumpulkan sejumlah besar informasi yang membantu memahami apa yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana kita harus bersikap. Memori juga penting untuk identitas diri, karena membantu memahami siapa kita, dari mana kita berasal, dan apa yang kita alami dalam  hidup. Memori pada dasarnya penting bagi semua yang kita lakukkan, di mana kita meletakkan pakaian, dan bagaimana kita mempejalari fisika.

Tahapan memori

Semula, orang berpikir memori itu seperti lemari arsip dengan banyak file di dalamnya. Ini jelas cara yang sangat sederhana memandangnya, akhirnya psikologis mengembangkan teori pemodelan komputer sebagai gantinya, jadi memori diibaratkan proses sebuah komputer. Maka, memori memerlukan prosedur pengolahan informasi dengan tahapan berikut ini:

Nah, kini kita tahu bagaimana kita bisa mengingat sesuatu hal, karena ada memori yang dibuat bekerja untuk itu.