Find Us On Social Media :

12 Kebiasan Buruk untuk Kesehatan Mental (2)

By Inasshabihah, Jumat, 2 Januari 2015 | 08:00 WIB

12 Kebiasan Buruk untuk Kesehatan Mental (2)

Intisari-Online.com. Depresi biasanya diakibatkan banyak faktor termasuk hal-hal kecil seperti kebiasaan di social media, olahraga rutin, dan bahkan cara Anda berjalan pun mungkin saja melunturkan kebahagiaan Anda, tanpa Anda sadari. Untungnya, kebiasaan buruk itu masih bisa diubah. Ini dia, 12 kebiasaan buruk untuk kesehatan mental Anda, seperti dikutip dari Health.
5. Anda banyak menunda
Pikirkan tugas-tugas yang Anda tunda. Jika alasannya karena bosan atau Anda sedang tak ingin mengerjakannya, maka Anda tak tertolong. Tapi jika Anda menghindarinya karena itu membuat Anda stres atau membuat Anda takut gagal, maka menunda hanya akan membuatnya makin menggelisahkan. 
Sebelum Anda menghadapi pekerjaan-pekerjaan itu, lakukan hal lain untu mengendorkan stres; mendengar musik, berlari, Leonard mengusulkan Anda untuk melakukan aktivitas yang mengurangi kegelisahan. Ini bisa jadi booster supaya mood Anda membaik, bahkan senang menghadapi pekerjaan itu lagi! 
6. Anda terikat dalam hubungan yang rusak 
"Saya punya banyak klien berjuang dari kegelisahan dan depresi tanpa sadar bahwa itu datang dari hubungan mereka yan telah rusak,” kata Leonard. "Ini ibarat memakan kepercayaan diri. Orang tua mereka membuat mereka percaya bahwa mereka tidak kompeten, atau egois. kadang butuh bertahun-tahun untuk menyadari bahwa depresi ini datang dari hubungan mereka.”  
Anda mungkin butuh bantuan seseorang. Pertama, pelajari tanda-tanda perubahan pasangan Anda. Apakah hubungan ini rusak karena dia kasar? Lalu, konsultasikan pada profesional, keluarga, atau teman dekat untuk membantu Anda. Tetap berada dihubungan ini menjadi salah satu kebiasaan buruk untuk kesehatan mental.
7. Anda terlalu serius menghadapi hidup
Anda berjalan di sisi jalan yang rusak, dan alih-alih mengangkat bahu, Anda ketakutan dan malu bukan kepalang. Aduh. Jika itu terdengar seperti Anda, maka ini waktunya bagi Anda mencari cara untuk lebih bersenang-senang. "Ada banyak penelitian yang menunjukan keuntungan tertawa bagi kesehatan dan itu termasuk kesehatan mental,” kata Leonard. "Tertawa adalah obat cepat untuk gelisah dan depresi.” 
Ingin tertawa? Mudah aja. Tonton acara TV yang lucu atau habiskan waktu bersama teman-teman yang menyenangkan. Anda juga bisa menjadi volunteer bersama anak Anda. Lakukan apa saja yang membuat Anda merasa lebih ‘ringan’.
8. Anda kurang tidur
Percaya atau tidak, kurang jam tidur mengakibatkan merupakan salah satu kebiasaan buruk untuk kesehatan mental. "Tidur berefek pada segalanya,” kata Diedra L. Clay, PsyD, profesor Counseling and Health Psychology Department di Bastyr University, "kemampuan emosional dan mental, berjalan baik sebagaimana baiknya fungsi tubuh kita. Tidur adalah cara tubuh untuk regenerasi dan tanpa itu sistem tubuh akan mengalami malfungsi.”  
Coba sekarang, petakan apa yang membuat Anda kurang tidur, lalu ambil langkah-langkah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung Anda untuk istirahat.