Find Us On Social Media :

Ini Pedoman Bagi Orangtua yang Ingin Mendidik Anak Belajar Bahasa Asing (1)

By Birgitta Ajeng, Selasa, 6 Januari 2015 | 16:00 WIB

Ini Pedoman Bagi Orangtua yang Ingin Mendidik Anak Belajar Bahasa Asing (1)

Intisari-Online.com - Sebelum anak memasuki masa puber, daya pikirnya lebih fleksibel dan gampang menyerap pengetahuan baru. Maka lebih mudah bagi anak untuk belajar bahasa asing ketika ia masih belia. Namun ada beberapa pedoman bagi orangtua yang ingin mendidik anak belajar bahasa asing, seperti yang ditulis di dalam buku Bunga Rampai Psikologi Perkembangan : Dari Anak Sampai Usia Lanjut karya Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa, yaitu:

1. Memberikan lingkungan yang tepat

Caranya adalah dengan “mengekspos” anak sedekat mungkin dengan bahasa asing yang akan ia pelajari. Ini bisa dilakukan dengan cara sering berbicara dengan anak (dengan menggunakan bahasa asing), membiarkan anak berbicara dengan bahasa asing tersebut dan kita dapat membetulkannya bila ia salah mengucapkan, menyediakan buku-buku, lagu, dan film-film dalam bahasa asing.

2. Berbicara dengan anak-anak dalam bahasa yang sama

Artinya, bila kita mempunyai dua anak dan kita ingin membiasakan mereka berbicara dalam bahasa Inggris, kita harus berbicara bahasa Inggris dengan keduanya. Amat tidak baik bila kita, misalnya, berbicara bahasa Indonesia dengan anak pertama dan bahasa Inggris dengan anak kedua. Akibat yang dapat terjadi adalah anak yang satu akan merasa tersisih bila kita sedang berbicara dengan yang lain. Hal ini akan membuat hubungan kedua saudara itu menjadi tidak baik. Perkembangan emosi mereka pun akhirnya akan menjadi tidak sehat.

3. Hindari mengganti bahasa secara tiba-tiba pada anak

Misalnya, kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, kemudian kita tiba-tiba berbicara bahasa Inggris pada anak, atau kita terbiasa berbicara Inggris padanya kemudian kita berubah dan berbicara bahasa Perancis. Bila kita ingin anak berbicara bahasa Inggris, anak dapat kita sekolahkan ke sekolah bilingual dengan bahasa Inggris. Guru yang baik akan dapat mengerti kebutuhan anak dan mengerti cara mengajarkan bahasa asing yang baik bagi anak. Setelah anak terbiasa mendengar bahasa ini di sekolah, barulah kita memakainya di rumah.

4. Jangan memaksakan bilingual pada anak

Bila anak terlihat stres atau tidak bahagia, jangan diteruskan. Mungkin bisa kita coba lagi saat mereka sudah lebih besar. Sementara itu, kita dapat memupuk ketertarikan anak untuk mempelajari bahasa tersebut dengan cara memperlihatkan buku atau film dengan bahasa asing.

Nah, itu tadi beberapa pedoman bagi orangtua yang ingin mendidik anak belajar bahasa asing. Semoga bermanfaat.