Find Us On Social Media :

Pelukan Memiliki Manfaat Positif bagi Kesehatan

By Monalisa Darwin D, Selasa, 13 Januari 2015 | 18:30 WIB

Pelukan Memiliki Manfaat Positif bagi Kesehatan

Intisari-Online.com –  Memiliki tubuh yang sehat ternyata dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu pelukan. Sebuah penelitian menemukan bahwa berpelukan memiliki manfaat positif bagi kesehatan.

Ketika berpelukan, seseorang akan merasa lebih rileks dan sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik karena di dalam tubuh terjadi pelepasan hormon oksitosin.

Di Universitas Carnegie Mellon, Amerika Serikat dilakukan penelitian terhadap 400 orang mengenai efek berpelukan. Para peserta diberi pertanyaan terkait masalah pribadi yang mereka alami serta dukungan dari orang-orang terdekat. Hasilnya, mereka yang memperoleh dukungan dari keluarga atau orang terdekat dapat mengurangi stres.

Salah satu bentuk dukungan yang diperoleh adalah pelukan. Nah, sebagian besar peserta menyatakan mereka merasa terlindungi dan memperoleh dukungan yang besar saat diberi pelukan di tengah masalah yang mendera.

Perasaan lain yang muncul saat dipeluk adalah rileks dan menurunnya perasaan tertekan. Dalam kondisi inilah berpelukan memiliki manfaat positif bagi kesehatan.

Sheldon Cohen, seorang Profesor Psikologi menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan bahwa cara efektif memberikan dukungan adalah dengan berpelukan.  Sheldon juga menambahkan bahwa ketika seseorang memiliki masalah hingga menyebabkan stres, orang tersebut akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, para ilmuwan pun menyatakan bahwa berpelukan atau mendekap seseorang dapat mencegah serangan penyakitSemakin sering berpelukan, maka semakin besar dampak positif untuk kesehatan. Lalu, sudahkah anda berpelukan hari ini? (kompas.com)