Find Us On Social Media :

8 Solusi untuk Anak yang Sulit Membaca

By Birgitta Ajeng, Kamis, 15 Januari 2015 | 08:00 WIB

8 Solusi untuk Anak yang Sulit Membaca

Intisari-Online.com - Sebagai orangtua, guru, dan pendidik, kita perlu memberikan keterampilan dasar belajar yang akan membantu anak mencapai kesuksesan di sekolah. Namun banyak anak yang mengalami beberapa hambatan dalam membaca tanpa diketahui oleh siapa pun. Oleh karena itu, kita harus lebih peka bila anak mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan membaca supaya cepat ditanggulangi. Berikut ini adalah beberapa solusi untuk anak yang sulit membaca seperti ditulis di dalam buku Teknik Membaca Efektif karya Femi Olivia.

1. Bacakanlah bacaan atau cerita untuknya dan bicarakanlah gambar-gambar, orang-orang, dan kejadian-kejadiannya.

2. Kemudian, baca ulang sambil menunjukkan setiap kata sembari jari Anda bergerak mengikuti garis tulisan.

3. Ajaklah anak Anda menyimak dan memperhatikan kata-kata pada saat Anda sedang membaca.

4. Bacalah ulang cerita bersama-sama, kadang-kadang berhenti sejenak agar dia meneruskan membaca sendiri sebuah kata atau menyelesaikan sebuah kalimat.

5. Pada saat kemampuan dan rasa percaya diri anak Anda meningkat, doronglah dia untuk lebih banyak membaca materi tersebut dan kurangi peranan Anda dalam membacakan materi.

6. Pada saat anak Anda membacakan materi untuk Anda, ingatlah untuk memujinya pada saat dia membaca sebuah kalimat dengan benar, mengoreksi kesalahannya sendiri, dan mengucapkan sebuah kata setelah Anda membantunya.

7. Sebaiknya jangan membuat pernyataan negatif atau memusatkan perhatian pada kesalahan-kesalahannya. Jika dia belum benar dalam membaca sebuah kata, jelaskan belum benar dalam membaca sebuah kata, jelaskan maksudnya, misalnya arti sebuah kata atau beri contoh benda atau kata yang dimaksudkan.

8. Jika dia tetap belum dapat memahami kata tersebut dengan benar, bacalah sendiri kata tersebut, kemudian mintalah agar dia meneruskan membaca.

Nah, itu tadi beberapa solusi untuk anak yang sulit membaca. Semoga bermanfaat.