Find Us On Social Media :

Melindungi Secara Berlebihan, 1 Dari 8 Sikap Orangtua yang Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak

By Birgitta Ajeng, Rabu, 28 Juni 2017 | 09:00 WIB

8 Sikap Orangtua yang Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak

Intisari-Online.com – Setiap anak adalah “unik”, tidak dapat disamakan antara anak satu dan lainnya. Mereka memiliki ritme kecenderungan perkembangan yang berbeda-beda. Sikap dan pola asuh orangtua juga menjadi salah satu faktor yang menentukan sikap anak ketika dewasa kelak.

Berikut ini ada beberapa sikap orangtua yang berdampak pada tumbuh kembang anak seperti ditulis di dalam buku Jangan Biarkan Anak Kita Berperilaku Menyimpang karya Rini Utami Aziz.

1. Melindungi secara berlebihan

Sikap orangtua yang melindungi anak secara berlebihan, mencakup pengasuhan dan pengendalian anak yang berlebihan akan membentuk anak menjadi ketergantungan yang berlebihan kepada semua orang, kurang percaya diri dan frustasi.

2. Permisivitas

Permisivitas adalah sikap orangtua yang yang membiarkan anak berbuat sesuka hati dan hanya memberi sedikit kekangan. Jika permisivitas tidak berlebihan akan mendorong anak untuk cerdik, mandiri, berpenyesuaian sosial yang baik, percaya diri, dan kreatif.

(Baca juga: Cara Sederhana Melihat Kesehatan Bayi: Cukup Lewat Kotorannya)

3. Memanjakan

Permisivitas berlebihan kepada anak dan terlalu memanjakan anak bisa membuat anak egois. Sikap orangtua yang seperti itu akan membuat anak memiliki penyesuaian sosial yang buruk sehingga anak tidak mempunyai teman karena keegoisannya.

4. Penolakan

Orangtua bersikap mengabaikan kesejahteraan anak atau menuntut terlalu banyak kepada anak. Sikap seperti itu dapat membentuk anak menjadi seorang yang memiliki rasa dendam, perasaan tidak berdaya, frustasi, gugup, bahkan muncul sikap permusuhan terhadap pihak yang lebih lemah/lebih kecil.

5. Penerimaan