Find Us On Social Media :

Lima Kebiasaan yang Membuat Anda Menjadi Sahabat yang Buruk

By Monalisa Darwin D, Selasa, 27 Januari 2015 | 14:00 WIB

Lima Kebiasaan yang Membuat Anda Menjadi Sahabat yang Buruk

Intisari-Online.com - Seorang sahabat akan mengetahui banyak hal tentang anda, bahkan ketika anda bersedih. Hubungan persahabatan tercipta karena adanya perasaan nyaman. Namun, sebagian orang tidak menyadari ternyata mereka tidak menyukai sahabatnya karena kebiasaan buruk yang dilakukan, hal ini diutarakan Irene S. Levine, Ph.D., seorang profesor psychiatry di New York University School of Medicine dan produser TheFriendshipBlog.com.

Dan, Levine memberitahu kebiasaan yang membuat anda menjadi sahabat yang buruk, yaitu:

Terlambat Kronis

Jadwal kegiatan seseorang akan berbeda dengan orang lain termasuk sahabat anda. Ketika telah membuat janji, maka datanglah tepat waktu. Jika anda sering datang terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali, hal ini akan membuat anda menjadi sahabat yang buruk. Levine menambhakan, sahabat akan berpikir bahwa anda tidak menghargai waktunya dan ini akan menurunkan nilai pada diri seseorang. Hal ini akan menunjukkan kurangnya minat dalam persahabatan seseorang.

Terlalu Melarat atau Tidak Mampu

Memang benar jika sahabat ada adalah untuk saling membantu. Namun, tidak untuk setiap detik dan tidak selalu meminta-minta bantuan, misalnya meminta tumpangan, membayari makanan, meminta jemput anak di sekolah, dan lainnya.

Anda harus memberikan perhatian sama seperti yang sahabat anda berikan kepada anda. Pertimbangkan juga skala atau waktu anda ketika meminta bantuan kepada sahabat anda. Yang paling bijaksana adalah melakukannya sendiri atau menggunakan uang milik anda sendiri.

Mengharapkan Sahabat Anda Tidak Berubah

Bagaimana pun, seseorang akan berubah. Misalnya, sahabat kuliah anda yang telah menikah dan anda tetap mengharapkannya tetap seperti yang dulu. Itu akan sulit. Karena kehidupan menuntut seseorang berubah dan anda harus menerimanya.

Terlalu Banyak Bicara

Mungkin sebagian orang ingin terlihat akrab sehingga aktif berbicara. Namun, ketika sahabat anda mulai memalingkan wajahnya atau melihat-lihat jam tangannya mungkin ia sudah tidak tertarik dengan pembicaraan anda. Jika seseorang ingin menjadi pendengar yang baik, maka ia akan menunjukkan minat dan bertanya sesuatu tentang anda.

Tidak Pernah Membuat Rencana

Apakah anda tidak pernah bertanya kepada sahabat anda atau anda selalu menunggu sahabat anda untuk menelepon anda? Jika anda tidak pernah mulai menghubungi sahabat anda terlebih dulu, anda akan dinilai kurang berminat dalam hubungan persahabatan tersebut. Jangan selalu menunggu, mulailah mengajak sahabat anda untuk melakukan suatu hal.

Dan, itulah kebiasaan yang membuat anda menjadi sahabat yang buruk. Apakah anda memiliki salah satunya? (womenshealthmag.com)