Find Us On Social Media :

Indonesia Jujur: Rata-rata Manusia Berbohong Sebanyak 11 Kali dalam Sehari

By Ade Sulaeman, Kamis, 5 Februari 2015 | 16:00 WIB

Indonesia Jujur: Rata-rata Manusia Berbohong Sebanyak 11 Kali dalam Sehari

Intisari-Online.com - Anggapan bahwa kebohongan muncul seiring terciptanya manusia rasanya cukup tepat jika kita merujuk pada Psikolog Robert Feldman. Profesor dari University of Massachusetts Amherst ini menyatakan rata-rata manusia berbohong sebanyak 11 kali dalam sehari.

“Enam puluh persen dari kita memiliki waktu yang sulit untuk melalui 10 menit percakapan tanpa berbohong setidaknya dua kali,” tutur Feldman.

Padahal, selain mampu membangun hubungan pribadi dan bisnis yang lebih baik, berkata dan bersikap jujur dapat meningkatkan kualitas kesehatan.

Setidaknya jika kita merujuk pada Anita E. Kelly, seorang profesor psikologi di University of Notre Dame. Kelly melakukan penelitian yang disebut "The Science of Honesty" untuk menentukan bagaimana kejujuran memiliki dampak pada kesehatan.

Dia mengambil dua kelompok yang terdiri dari 36 orang. Kelompok pertama, yang disebut kelompok Ketulusan, diperintahkan untuk berbicara "jujur, sesuai fakta, dan tulus" dan "selalu mengungkapkan apa pun yang ingin mereka katakan" setiap hari selama lima minggu. Sementara kelompok kontrol lainnya tidak diberi instruksi khusus.

Selama penelitian, kedua kelompok melakukan tes polygraph dan ujian kesehatan fisik. Ternyata, hasilnya menunjukkan kelompok Ketulusan mencatat kondisi kesehatan yang lebih baik dibanding kelompok kontrol. Beberapa penyakit yang hilang atau jarang muncul antara lain sakit tenggorokan, sakit kepala, mual dan stres.

Kelly bahkan kemudian mencoba mempraktikkan sendiri penelitian tersebut dalam hidupnya sendiri, mengikuti instruksi yang sama.

"Biasanya, saya harus tidur selama delapan jam tidur dan mengalami 5-7 pilek di musim dingin," kata Kelly. "Sekarang saya hanya perlu tidur tiga jam, dan saya tidak pernah pilek sejak musim gugur."

Merujuk pada hasil penelitian Kelly mengenai manfaat kesehatan dan Feldman yang menyatakan rata-rata manusia berbohong sebanyak 11 kali dalam sehari mungkin, rasanya “wajar” jika saat ini manusia sulit menjaga kesehatannya. (mycentraljersey.com)