Find Us On Social Media :

Data BPS: Orang Indonesia yang Belum Menikah Punya Indeks Kebahagiaan Paling Tinggi

By Ade Sulaeman, Jumat, 6 Februari 2015 | 10:00 WIB

Data BPS: Orang Indonesia yang Belum Menikah Punya Indeks Kebahagiaan Paling Tinggi

Intisari-Online.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang terbaru, orang Indonesia yang belum menikah memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi di Indonesia.

“Menurut status perkawinan, indeks kebahagian mereka yang belum menikah adalah 68,77, ini paling tinggi. Ya ini karena mereka tidak mikir apa-apa. Tidak ada yang menggelayuti pikiran, ujar Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Sementara orang Indonesia yang belum menikah, menurut data yang dipaparkan Suryamin, memiliki indeks kebahagiaan yang lebih rendah dibanding mereka yang sudah menikah, yaitu 68,74.

Mereka yang mengalami perceraian memiliki indeks kebahagiaan yang lebih rendah lagi. Terutama mereka yang cerai hidup, alias bercerai dengan pasangan yang masih hidup, bukan karena kematian.

“Cerai hidup tidak bahagia di antara status perkawinan 65,04. Mereka yang cerai hidup ini (tidak bahagia) karena (mantan pasangan) masih kelihatan. Ini bikin enggak bahagia” ujar Suryamin.

Namun, mereka yang bercerai karena pasangannya meninggal dunia atau lebih dikenal dengan istilah cerai mati, indeks kebahagiaannya mencapai 65,80. Lebih tinggi dibanding mereka yang cerai hidup.

Tentu saja data BPS yang menunjukkan bahwa orang Indonesia yang belum menikah memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi di Indonesia tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak menikah. (kompas.com)