Find Us On Social Media :

Ibu Stres Sebaiknya Tidak Menidurkan Bayinya!

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 26 Februari 2015 | 13:00 WIB

Ibu Stres Sebaiknya Tidak Menidurkan Bayinya!

Intisari-Online.com - Menidurkan bayi sejatinya bisa dilakukan dengan menyenangkan. Itu jika para ibu tahu trik-triknya. Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjaja mengingatkan, ibu stres sebaiknya tidak menidurkan bayinya, karena ketenangan dan kestabilan emosi ibu sangat berpengaruh dan agar sukses menidurkan buah hati tercinta.

“Kondisi emosi kita ketika menidurkan bayi juga akan berpengaruh pula pada bayi yang umumnya masih sangat peka dalam merasakan suasana di sekitarnya. Jadi, cobalah untuk setenang dan serileks mungkin. Kecemasan atau stres yang ibu rasakan akan membuat bayi sulit tertidur," ungkap Vera beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain itu, agar terbiasa menidurkan bayinya dengan menyenangkan, si ibu juga perlu berusaha menciptakan jadwal tidur yang rutin untuk bayi. Pastilah kondisi ini perlu proses yang tidak mudah. Tantangannya adalah bayi masih beradaptasi dengan kesehariannya, sedangkan mekanisme tidur mereka pun belum terbentuk.

Pada tahap ini ibu dapat membantu bayi mengenali waktu mereka untuk tidur dengan menciptakan suasana yang kondusif di sekitar bayi, misalnya dengan mengurangi cahaya di dalam kamar, mengatur temperatur kamar senyaman mungkin, dan memasang musik lembut yang membantu bayi tertidur.

“Ada bayi yang perlu ditimang dulu, atau diperdengarkan nyanyian, dan ada pula bayi yang merasa nyaman tidur dengan teman tidur. Teman tidur ini dapat berupa boneka, guling atau bantal lembut yang dapat dipeluk bayi ketika tidur,” jelas Vera.