Find Us On Social Media :

Memaafkan Memberikan Manfaat

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 21 Maret 2015 | 18:00 WIB

Memaafkan Memberikan Manfaat

Intisari-Online.com - Untuk memaafkan seseorang yang telah menyakiti kita memang bukanlah hal yang mudah. Kita bahkan pernah berfikir untuk tidak akan memaafkan orang tersebut sampai kapan pun karena kita terlanjur sakit hati. Namun, apakah kita sadar bahwa sebenarnya memaafkan memberikan manfaat yang banyak untuk diri kita sendiri maupun orang lain?

Memaafkan akan melegakan hati atau beban kita akan terasa hilang sehingga kita akan menjalani hidup dengan tenang dan bahagia. Sebagian orang memang akan sulit mengatakan maaf dan mengatakan alasan mengapa mereka sangat marah. Tetapi, berkata jujur adalah hal yang sangat penting terutama dalam menjaga hubungan baik kita dengan orang lain.

Katakanlah secara jujur kepada orang yang telah menyakiti kita. Dengan begitu, orang yang menyakiti kita akan mengoreksi dirinya dan mengetahui kesalahan yang dia buat sehingga dia tidak akan mengulanginya kembali. Hal ini juga akan menciptakan perasaan saling mengerti satu sama lain.

Jika berbicara dengan orang yang telah menyakiti anda justru akan membuat keadaan buruk, solusinya adalah dengan menulis surat. Mengungkapkan suatu hal ke dalam kata-kata biasanya akan lebih baik. Kita juga tidak harus benar-benar membiarkan orang tersebut tahu bahwa kita telah memaafkannya, namun biarkan mereka tahu bahwa mereka telah menyakiti dan berbuat kesalahan kepada kita.

Selain itu, munculkanlah rasa empati di dalam diri kita sendiri. Mungkin orang yang telah menyakiti kita memang melakukan hal yang salah, namun tidak ada salahnya jika kita coba menempatkan diri kita sebagai mereka. Bisa saja ada suatu alasan yang membuat mereka melakukan hal yang salah hingga menyakiti kita. Memaafkan memang sulit, namun ini benar-benar berharga untuk kita sendiri dan memberikan manfaat positif. (magforwomen)