Find Us On Social Media :

Cara Menjadi Diri Sendiri (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 23 Mei 2015 | 18:15 WIB

Cara Menjadi Diri Sendiri (1)

Intisari-Online.com - “Siapa saya?” Mungkin kita pernah bertanya seperti itu kepada diri kita sendiri. Hingga kini mungkin saja kita masih bingung dengan diri kita sendiri. Tentunya setiap orang ingin menunjukkan identitas dirinya sebagai diri sendiri bukan orang. Menjadi diri sendiri pun tentunya akan lebih memudahkan hidup kita. Sayangnya, sebagian dari kita masih tidak tahu tentang hal itu. Lalu, bagaimana cara untuk menjadi diri sendiri?

1. Dengarkan suara hati kita

Mendengarkan suara hati sendiri membantu kita menjadi sadar dan menemukan identitas diri secara jujur. Tanyakan setiap pertanyaan pada diri sendiria dan kita akan merasakan bagaimana kita meresponnya, baik secara fisik, emosional, mental, dan spiritual. Kita dapat merasakan jawaban atas apa yang kita suka dan tidak kita suka, tanpa melibatkan suara orang lain. Tentu membantu kita secara alami untuk menemukan jati diri kita sendiri.

2. Beri kebebasan untuk diri sendiri

Jadilah diri sendiri, lakukan dengan bebas apa yang diri kita sukai. Tinggalkan kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain, mengkritik diri, dan lainnya. Dengan keberanian untuk mengekspresikan diri, maka kita akan bisa menerima keunikan individual yang ada pada diri sendiri.

3. Lakukan perubahan

Melakukan perubahan atau keluar dari zona nyaman dapat menjadi cara untuk menunjukkan siapa diri kita sebenarnya. Mulai dengan penampilan fisik, hingga melakukan hal yang selama ini kita takutkan.

4. Berkomitmen dengan pilihan dan keputusan

Untuk menunjukkan siapa diri kita, kita harus berkomitmen dengan apa yang sudah kita pilih dan apa yang telah kita putuskan. Ini akan menambah keyakinan dan kepercayaan kita. Yang paling sederhana adalah, kita yakin dan percaya dengan pilihan serta keputusan kita untuk hidup