Find Us On Social Media :

Operasi Kecantikan Sebabkan Gangguan Mental (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 24 Mei 2015 | 09:00 WIB

Operasi Kecantikan Sebabkan Gangguan Mental (2)

Intisari-Online.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia ingin memiliki penampilan yang sempurna. Tidak sedikit pula orang yang melakukan operasi plastik untuk mewujudkan hal tersebut. Namun, tahukah kita bahwa operasi kecantikan nyatanya tidak begitu baik hingga dapat menyebabkan gangguan mental?

Sebelum benar melakukan operasi, sebaiknya pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu. Pasien harus mengetahui hal terburuk apa yang akan ia dapatkan di kemudian hari. Apalagi operasi plastik, ini berurusan dengan luka yang menimbulkan bekas dan tidak bisa dikembalikan seperti awal. Tidak hanya itu, dukungan dari orang-orang terdekat pun sangat penting bagi pasien.

Masalah lain muncul ketika banyak dokter bedah plastik yang menolak melakukan operasi pada pasiennya, justru banyak jasa yang menawarkan untuk melakukan tindakan tersebut bahkan dengan harga miring. Banyak sekali mereka yang tidak memiliki keahlian di bidang kedokteran, berani melakukan operasi pada orang lain. Penggunaan cairan silikon dan kolagen di tiap daerah tubuh haruslah diwaspadai.

Saat ini pun penggunaan silikon cair dan kolagen sudah banyak ditinggalkan saat ini karena efek yang ditimbulkan kurang menyenangkan. Konsultasi sebelum melakukan “permak” sangat penting. Jangan memaksakan diri.

Sesunggunya penampilan fisik bukanlah hal utama. Menjaga penampilan memang perlu, namun tidak sampai merubah apalagi berulang kali melakukan operasi. Sayangi tubuh kita dan hargai setiap bagian yang telah diberikan-Nya kepada kita. Hindari operasi kecantikan yang dapat mengganggu mental! (dr. Sintoso Pujianto dalam “Sehat itu enak dan perlu”. Penerbit: Penerbit Buku Kompas)