Find Us On Social Media :

5 Langkah untuk Menenangkan Diri saat Sedang Kecewa

By Lintang Bestari, Jumat, 12 Juni 2015 | 19:45 WIB

5 Langkah untuk Menenangkan Diri saat Sedang Kecewa

Intisari-Online.com - Cara seseorang menangani kekecewaannya berbeda-beda. Ada yang diam, namun ada juga yang tak bisa menahan emosinya sehingga menimbulkan hal negatif. Agar hal itu tidak terjadi, berikut 5 langkah untuk menenangkan diri saat sedang kecewa:

Bernapas‘Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan’ adalah saran yang paling sering kita dengar ketika sedang kecewa atau marah. Ternyata, saran itu benar-benar berfungsi untuk meredakan kecewa menurut para ilmuwan. Bernapas mempengaruhi jantung, otak, sistem pencernaan dan kekebalan tubuh – bagian yang seringkali cepat berubah karena stres. Para peneliti telah membuktikan bahwa menarik napas dalam-dalam mengurangi kadar hormon stres dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, respon relaksasi alami tubuh kita.

Tutup mulut sehingga tak ada suara yang keluarMenutup mulut saat kecewa mungkin cara yang tepat. Biarkan tubuh kita tenang dahulu sebelum mengeluarkan kalimat yang akan kita sesali selanjutnya. Bukan berarti kita harus menekan emosi kita, tapi lebih ke fokus untuk menstabilkan tingkat stres sehingga kita bisa berkomunikasi dengan jelas dan menyatakan tujuan.

Mengulang-ulang ‘mantra’Kita bisa mengulang-ulang kalimat yang bisa menenangkan diri kita. Seperti “semua akan baik-baik saja” berkali-kali. Apapun kalimatnya, temukan yang paling pas dengan kita sehingga bisa yakin bahwa semuanya benar-benar akan baik-baik saja.

Memejamkan mataMemejamkan mata membawa kita menjauh dari pemicu kekecewaan. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus saat mengucapkan ‘mantra’ tadi sehingga rangsangan internalnya meningkat sedangkan faktor eksternal yang membuat kita kecewa berkurang.

Menggeser sudut pandang dan fokus pada hal baruPikiran bahagia dapat menurunkan hormone stres dan meningkatkan serotonin, hormon yang menandakan kesejahteraan. Para peneliti telah menyatakan bahwa pikiran bahagia meningkatkan produktivitas mental dan kemampuan analisis sehingga kita bisa berpikir lebih jernih.

Pikiran yang jernih merupakan tujuan kahir dari langkah-langkah ini. Karena ketika kita kecewa, pikiran kita bisa menjadi racun. Jadi, itulah 5 langkah untuk menenangkan diri saat sedang kecewa yang bisa kita coba! (mindbodygreen.com)