Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghargai Diri Sendiri!

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 20 Juni 2015 | 18:45 WIB

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghargai Diri Sendiri!

Intisari-Online.com - Buddha Gautama juga berkata, “Jika kasih sayang kita miliki tidak termasuk untuk diri sendiri, itu tidak lengkap.” Ya, ketika kita menghargai atau menghormati diri sendiri, maka dunia akan melakukan hal yang sama kepada kita. Hargai dan hormati segala yang kita punya, termasuk diri sendiri karena itu adalah aset terbesar di dalam hidup. Berikut adalah alasan-alasan mengapa kita harus menghargai diri sendiri:

1. Membantu membangun kepercayaan

Sikap menghormati dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Jika kita sedang berada dalam kelompok yang mendominasi orang lain, maka kita akan kalah. Namun, ketika kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka kita dapat menghadapi segala situasi.

2. Belajar menerima kritik

Dengan menghargai diri sendiri, maka kita akan terbiasa menerima kritik atau masukan dari orang lain. Kritik yang kita dapatkan pun akan dengan cara yang jauh lebih baik. Kritik tentunya membantu kita dalam memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.

3. Menunjukkan “nilai” diri

Ketika kita menghargai diri sendiri, berarti kita juga mencintai diri kita. Hal ini dapat membuat kita tidak terpengaruh dengan orang lain. Kita akan terbiasa menghadapi situasi apapun dengan cara sederhana, sekali pun situasi yang sulit.

4. Belajar untuk tidak membanding-bandingkan

Jika kita menghargai diri kita dan semua yang kita punya, maka kita tidak akan membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita akan yakin bahwa setiap individu memiliki keunikannya masing-masing, termasuk diri kita sendiri.

5. Belajar mengenali kualitas diri

Menghargai diri sendiri juga dapat mengajarkan kita mengenali kualitas diri. Kita akan tahu kelemahan dan kekuatan kita, sehingga ketika kita menghadapi masalah, kita dapat melaluinya dengan baik dengan menggunakan kekuatan yang kita miliki.

6. Belajar merawat diri

Hal ini jelas, saat kita menghargai diri kita, maka kita akan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan pada diri kita. Perawatan pun tidak hanya sekedar fisik, namun juga pikiran.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus menghargai diri sendiri. Setiap orang memiliki bakat serta kelebihannya masing-masing, termasuk kita. Oleh karena itu, selalulah berpikir positif dan menghargai diri sendiri. Yakini bahwa diri kita adalah yang terbaik!