Find Us On Social Media :

Telepon Mengganggu Konsentrasi Bahkan Ketika Kita Mencoba Mengabaikannya

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 15 Juli 2015 | 16:30 WIB

Telepon Mengganggu Konsentrasi Bahkan Ketika Kita Mencoba Mengabaikannya

Intisari-Online.com - Telepon memiliki peran sentral dalam segala lini kehidupan. Sebentar saja kita jauh darinya, terasa ada yang kurang. Sebuah studi terbaru bahkan dengan tegas menyebut bahwa telepon benar-benar mengganggu konsentrasi bahkan ketika kita mencoba mengabaikannya.

Begini. Kita mungkin telah meniggalkan ponsel kita di lantai bawah, tapi begitu kita mendengar ada bunyi dering panggilan atau pesan masuk, konsentrasi kita dipastikan bubar.

Dalam studi tersebut, peneliti dari Florida State University mula-mula meminta para mahasiswa untuk melalukan tes tersebut pada sebuah komputer. Berhasil tanpa gangguan. Selanjutnya, para mahasiswa itu disuruh melakukan hal serupa, tapi kali ini dengan mengirim pesan atau panggilan pada telepon mereka.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa ponsel dapat mengganggu kinerja dan perhatian kita, bahkan ketika kita tidak berinteraksi dengan perangkat itu sekalipun,” ujar salah seorang peneliti seperti diuraikan dalam Journal of Experimental Psychology.

Terlebih lagi, tambah peneliti itu, jika semua tugas dibebankan pada ponsel. Mungkin menjadi semakin sulit bagi kita untuk mengesampingkannya dan berkonsentrasi pada tugas-tugas yang ada di luar ponsel. (Metro.co.uk)