Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Kemalasan?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 26 Juli 2015 | 14:00 WIB

Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Kemalasan?

Intisari-Online.com - Sebagian dari kita secara tidak sadar sering mengabaikan tugas atau kerjaan yang penting, karena kita sering menganggapnya sepele. Hal ini disebabkan rasa malas atau mood kita yang sedang tidak baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rasa malas dan berikut ini adalah cara mengatasi kemalasan yang bisa dicoba:

1. Lakukan sesuatu!

Jangan selalu diam, lakukan apa pun yang bisa kita lakukan sekalipun kita sedang ingin melakukannya. Kita sering menunda-nunda pekerjaan, bahkan kita kerap takut untuk memulai sesuatu yang baru. Tak ada salahnya untuk coba melakukan sesuatu yang tidak kita suka, bisa saja ternyata kita justru menyukainya.

2. Motivasi diri sendiri

Dalam melakukan sesuatu, tentunya kita memiliki tujuan yang akan dicapai. Kita harus mengingatkan diri sendiri tentang apa tujuan kita, sehingga kita tidak malas untuk mengerjakannya.

3. Beri penghargaan kepada diri sendiri atas sesuatu yang dikerjakan

Salah satu cara untuk kita tidak malas dan tidak menunda pekerjaan adalah dengan memberi hadiah atau penghargaan kepada diri sendiri. Rencanakan hadiah yang diinginkan jika dapat menyelesaikan suatu perkerjaan, sehingga kita akan lebih bersemangat.

4. Bagi tugas menjadi bagian-bagian kecil

Jika kita memiliki pekerjaan atau tugas besar, sebaiknya kita membagi-baginya ke dalam beberapa kelompok atau bagian yang lebih kecil. Ini dapat membantu kita agar lebih mudah dan lebih fokus dalam mengerjakan tugas. Lebih baik juga kita mengerjakan tugas yang lebih mudah dulu baru tugas yang lebih sulit. Cara ini efisien untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Jauhkan gangguan

Ini mungkin menjadi faktor terbesar. Ketika kita sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan, kita cenderung beralih melakukan hal yang tidak penting. Oleh karena itu, jauhkan diri dari televisi, gadget, jejaring sosial, dan segala hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi kita saat bekerja.

6. Nikmati semua pekerjaan yang kita lakukan

Ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan saat mengerjakan tugas atau pekerjaan. Kita bisa memulainya dengan fokus pada pekerjaaan yang kita sukai, kemudian kita melanjutkannya ke pekerjaan yang kurang disukai. Biarkan diri kita merasa senang dalam melakukan sesuatu, sehingga tidak ada rasa malas.

Itu dia beberapa cara mengatasi kemalasan. Yuk, buang rasa malas dan gunakan waktu sebaik mungkin! (magforwomen.com)