Find Us On Social Media :

Tertawa di Kelas Akan Membantu Siswa Lebih Aktif Belajar

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 22 Agustus 2015 | 14:00 WIB

Tertawa di Kelas Akan Membantu Siswa Lebih Aktif Belajar

Intisari-Online.com - Anak-anak di usia sekolah dituntut untuk belajar dan memahami banyak hal dari setiap mata pelajaran yang diberi. Sayangnya, sebagian guru atau pihak di sekolah sering lupa bahwa siswa/i akan merasa tertekan karena banyaknya pelajaran yang harus mereka terima. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tertawa di kelas akan membantu siswa lebih aktif belajar.

Guru memang tidak dilatih untuk melawak atau melucu kepada siswa/i, namun tidak ada salahnya jika guru memberikan pengajaran dengan suasana yang menyenangkan, sehingga murid dapat lebih santai dan menimbulkan antusias belajar mereka.

Ada banyak cara kreatif yang bisa dilakukan guru di kelas saat mengajar, misalnya dengan membuat permainan atau drama sebagai contoh pelajaran atau melakukan percobaan sains yang melibatkan para murid.

Ketika murid tertawa dan sukacita di dalam kelas, maka mereka akan merasa nyaman dan aman. Tidak hanya guru, murid juga dapat diberi kesempatan untuk berbagi sedikit ceirta lucu di dalam kelas kepada teman-temannya.

Tertawa dapat menghilangkan ketegangan dan membuat murid lebih terbuka saat kegiatan belajar mengajar. Tertawa menjadi obat yang ampuh untuk stres. Para murid yang sudah menguras otak mereka untuk belajar, harus dibantu dengan menciptakan suasana yang menyenangkan agar mereka dapat menerima materi pelajaran dengan baik pula.

Dengan demikian, lelucon atau humor tidaklah salah karena dengan tertawa di kelas, akan membantu siswa lebih aktif belajar. (about.com)