Find Us On Social Media :

Beberapa Orang Ternyata Lebih Bahagia Saat Single

By Lintang Bestari, Selasa, 25 Agustus 2015 | 13:00 WIB

Beberapa Orang Ternyata Lebih Bahagia Saat Single

Intisari-Online.com - Secara umum, sosiolog menemukan bahwa orang-orang yang berada dalam sebuah hubungan cenderung lebih bahagia daripada mereka yang single. Namun, studi terbaru mengatakan hal yang berbeda. Beberapa orang ternyata justru lebih bahagia saat single.

Semua bergantung bagaimana individu berdamai dengan konflik dalam sebuah hubungan. Mereka yang membencinya dan berusaha menghindari konflik hubungan biasanya yang lebih bahagia ketika single. Bahagianya sama dengan mereka yang memiliki kekasih, tulis para peneliti New Zealan pada EurekaAlert.

Para peneliti mengatakan, ada beberapa orang yang “menghindari tujuan sosial”. Dan ketika mereka berada dalam sebuah hubungan, mereka justru sedih. “Ini merupakan penemuan bagus bahwa beberapa orang ternyata justru lebih bahagia saat single dibanding dalam hubungan,” kata pemimpin penelitian, Yuthika Girme dari University of Auckland. Studi ini melibatkan lebih dari 4000 orang berusia 18 hingga 94 tahun.

Meskipun begitu, George Mason, seorang profesor lain yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan, tidak semua orang yang benci konflik hubungan lebih bahagia ketika single. Orang-orang yang tidak bisa berdamai dengan konflik cenderung lebih gelisah dan mungkin bisa diuntungkan dengan mengambil konseling.

Discovery mengatakan, studi seperti itu cukup penting mengingat jumlah single meningkat, 51% orang dewasa di Amerika merupakan lajang. Penelitian sebelumnya mengatakan, orang-orang yang memiliki ketakutan hidup sendiri berakhir pada hubungan buruk pada akhirnya. “Jadi, pada akhirnya, single tidak terlalu buruk juga,” ujar Talal Al Khatib, penulis di Discovery. (foxnews.com)