Find Us On Social Media :

Urotherapy, Mengobati Jerawat dengan Air Kencing

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 20 Januari 2015 | 19:30 WIB

Urotherapy, Mengobati Jerawat dengan Air Kencing

Intisari-Online.com - Ada yang baru dalam dunia kecantikan perempuan. Dalam bukunya yang berjudul In Your Own Perfect Medicine, penulis Martha Christy menyebut bahwa kita bisa mengobati jerawat dengan air kencing. Christy menyebut terapi ini dengan istilah urotherapy.

Christy menulis, urotherapy memiliki akar sejarah dari Mesir kuno, Tiongkok, dan India. Dasar dari terapi ini adalah sifat antibakteri dan antijamur pada air urine yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Salah satunya adalah permasalahan pada kulit, termasuk jerawat.

Perlu diketahui, air urine kaya akan enzim, vitamin dan cairan, sehingga ketika dioleskan ke kulit dapat mengobati jerawat, eksim, psoriasis, dan infeksi jamur. Christy yang juga berprofesi sebagai konsultan nutrisi dan pengobatan alami, serta penulis penelitian medis menyarankan, bagi yang memiliki keluhan jerawat untuk  meminum air urine sendiri.

Lebih lanjut, terapi air urine yang dibahas Christy pernah dilakukan oleh para perempuan Perancis di abad ke-18. Kala itu, mereka kerap melakukan perawatan mandi dengan air urine demi memperoleh kulit mulus nan cantik. Baru-baru ini, penyanyi Madonna juga mengklaim telah melakukan terapi serupa untuk mengobati dan mencegah penyakit athlete foot yang dia derita.

Sementara itu, Rebecca Reid kepada The Telegraph mengklaim, menuangkan air seni pada krim wajah saat ini menjadi tren kesehatan di Inggris. Dia bercerita bahwa temannya pernah mendapat saran mengobati jerawat dengan air kencing dari penduduk lokaldi Ashram, India.