Find Us On Social Media :

Empat Solusi Alami Mengatasi Rambut Berketombe

By Chatarina Komala, Rabu, 28 Januari 2015 | 06:00 WIB

Empat Solusi Alami Mengatasi Rambut Berketombe

Intisari-Online.com - Tak diingkari, setiap orang pasti mendapatkan kulit kepala yang bersih dan sehat. Namun sebaliknya, ada beberapa orang yang masih tersiksa dengan kehadiran ketombe di kulit kepala. Berikut adalah empat solusi alami mengatasi rambut berketombe menurut Buku Pintar Merawat Kecantikan di Rumah (2009) karangan Windya Novita. 

1. Jeruk nipisAmbil 1-2 buah jeruk nipis, lalu belah menjadi 2. Gosokkan jeruk nipis ke kulit kepala secara merata, sambil dipijat. Hindari menggaruk dengan kuku, karena akan melukai kulit kepala dan membuatnya terasa pedih. Diamkan selama 20-30 menit, lalu cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama seminggu sekali.2. Air rendaman kangkungPotong kangkung yang masih segar, lalu rendam selama 24 jam di dalam air. Gunakan air rendaman tersebut untuk keramas. Kita bisa melakukan perawatan itu secara rutin setiap hari, atau 3 kali seminggu sampai ketombe hilang.3. Daun pandanSiapkan 7 lembar daun pandan wangi segar dan 100 ml air. Cuci bersih daun pandan, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan air pada tumbukan daun pandan, aduk hingga rata, kemudian disaring. Oleskan air daun pandan pada kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 30 menit, lalu keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur dua hari sekali. 

Agar lebih efektif, saat keramas, jangan langsung menuangkan sampo ke kulit kepala, tetapi letakkan di tangan terlebih dulu. Gunakan air pandan tadi sebagai tonik sembari memijat kepala.

4. Mengkudu

Siapkan 2-3 buah mengkudu dan sedikit air. Lumatkan mengkudu, tambahkan air, lalu peras. Gunakan air mengkudu ini untuk keramas, diamkan selama 5 menit, lalu bilas rambut dengan air dan sampo. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.