Find Us On Social Media :

Mengapa Suara Terdengar Lebih Berat dan Serak di Pagi Hari?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 25 Januari 2015 | 06:00 WIB

Mengapa Suara Terdengar Lebih Berat dan Serak di Pagi Hari?

Intisari-Online.com - Ketika bangun tidur dan anda berbicara, maka suara anda akan terdengar berbeda dari biasanya. Suara terdengar lebih berat dan serak di pagi hari. Tentunya anda pernah mengalami ini.  Bahkan sebagian orang menyukai suara seperti itu. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Michael Pitman, M.D., direktur laryngology di The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, menuturkan bahwa ketika bangun tidur, seluruh tubuh terasa kaku atau keras karena selama tidur tubuh tidak bergerak selama beberapa jam. Dan hal tersebut memperpanjang pita suara.

Apakah anda ingat ketika waktu kecil anda menaruh daun di antara ibu jari kemudian meniupnya dan menghasilkan suara? Nah, pita suara bekerja dengan cara yang sama. Mereka bergetar ketika paru-paru mendorong udara melalui mereka sehingga menghasilkan suara yang  berbeda dari biasanya.

Ketika bangun tidur, pita suara membutuhkan pemanasan karena semalaman tidak digunakan. Sama seperti seorang pelari yang harus melakukan pemanasan terlebih dulu dan berlari kecil-kecil agar darah mengalir ke seluruh tubuh dengan baik.

Pitman menambahkan ketika di musim dingin dan radiator menyala serta udara kering, orang yang bernapas melalui mulut bukan melalui hidung akan membuat suara menjadi serak.

Selain itu, perubahan suara di pagi hari bisa juga datang tiba-tiba karena adanya penyurutan kadar asam di dalam tubuh. Beberapa orang mengalami hal ini di pagi hari, namun juga beberapa pada malam hari terlebih ketika sedang berbaring. Di dalam tubuh terdapat asam dan protein yang muncul dari perut yang mencerna makanan serta menyebabkan pita suara meradang. Sama seperti senar gitar, ketika senar lebih tebal maka suara yang dihasilkan lebih rendah atau berat.

Walaupun anda menyukai suara terdengar lebih berat atau serak di pagi hari, sebaiknya berhati-hati karena bisa saja hal itu disebabkan masalah kesehatan atau karena merokok. Sekali pun tidak merokok, ada baiknya untuk pergi ke dokter jika suara anda berubah serak. (womenshealthmag.com)