Find Us On Social Media :

Kapan Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 26 Februari 2015 | 14:00 WIB

Kapan Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi?

Intisari-Online.com – Sudah banyak orang yang mengikuti anjuran untuk menyikat gigi dua kali sehari. Tapi sudah tepatkah waktu yang dua kali sehari itu? Karena kenyataannya, masih banyak orang yang mengalami sakit gigi karena gigi berlubang. Jadi, kapan waktu terbaik untuk menyikat gigi?

“Benar bahwa sudah banyak orang yang mengikuti anjuran menyikat gigi dua kali sehari. Tapi, waktu yang dilakukan itu masih belum tepat. Menyikat gigi dua kali sehari yang tepat adalah pagi setelah sarapan, dan malam sebelum tidur,” jelas drg. Ratu Mira Afifah GCClintDent., MDSC., Head of Professional Relationship Oral Caret PT Unilever Indonesia, Tbk.

Kebanyakan orang masih menggosok gigi pada waktu mereka mandi pagi dan mandi sore. Padahal kebiasaan tersebut akan meningkatkan risiko penumpukan plak yang terbentuk dari endapan sisa makanan. Plak itulah yang menjadi penyebab utama terbentuknya gigi berlubang dan penyakit gusi. Demikian lanjut Mirah.

Gigi kita selalu diliputi oleh semacam selaput tipis akibatnya rongga mulut tidak pernah kering dari liur. Nah selaput ini menjadi media subur bagi tumbuhnya berbagai kuman. Selaput tersebut akan menjadi plak (plaque), bila koloni kumannya sudah mencapai jumlah tertentu. Plak sangat tipis dan tidak terlihat dengan mata telanjang.

Bakteri mulut yang ada dalam plak akan mengubah gula dan tepung dari makanan atau minuman yang kita konsumsi menjadi asam. Bila plak yang menghasilkan asam itu melekat pada permukaan gigi dalam waktu lama, maka asam itulah yang akan menghancurkan permukaan gigi.

Tujuan menyikat gigi adalah membersihkan mulut dari sisa makanan agar fermentasi sisa makanan tidak berlangsung terlalu lama sehingga kerusakan gigi dapat dihindari. Bila kita menyikat gigi dengan benar, permukaan gigi juga bersih dari plak. Tetapi sekali lagi, plak akan senantiasa terbentuk dari waktu ke waktu.

Karena plak tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, mungkin saja plak tidak pernah benar-benar hilang walaupun kita rajin menyikat gigi. Oleh karena itu, cobalah periksakan kepada dokter gigi, apakah cara kita menyikat gigi sudah benar. Bila belum,  dengan bantuan disclosing agent ia dapat membimbing kita menyikat gigi secara benar. Nah, selamat menyikat gigi dengan benar pada waktu yang tepat.