Find Us On Social Media :

10 Tips untuk Kamar Tidur yang Sehat (2)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 11 Maret 2015 | 18:45 WIB

10 Tips untuk Kamar Tidur yang Sehat (2)

Intisari-Online.com - Ketika bangun tidur, apakah anda sering merasa sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau sakit di badan? Nah, kalau iya coba perhatikan beberapa hal di kamar tidur yang mungkin menjadi alasannya. Simak 10 tips untuk kamar tidur yang sehat berikut ini:6. Produk pembersih

Tentunya kita mengingingkan kamar tidur yang bersih, berkilau, dan wangi sehingga kita menggunakan produk yang menawarkan hal tersebut. Namun ternyata produk-produk seperti akan menimbulkan kesehatan kita, misalnya iritasi mata, gangguan pernapasan, atau sakit kepala. Sebaiknya gunakan bahan alami untuk menjaga kamar tidur tetap bersih.

7. Pelembab udara

Kita pasti tidak nyaman jika udara kering tau panas, dengan itulah kita menggunakan pelembab udara. Nyatanya, jika kita terlalu sering menggunakan pelembab udara di kamar tidur akan menyebabkan bertumbuhnya bakteri dan debu sehingga membahayakan kesehatan kita pula. Rutinlah untuk membersihkan alat pelembab udara.

8. Jendela

Bukalah jendela kamar agar kamar dimasuki udara segar. Jika kamar tidak mendapatkan udara segar, maka akan mengganggu kesehatan kita karena kamar kita sudah dipenuhi berbagai racun dari debu-debu di perabotan, bulu hewan peliharan, produk pembersih, hingga peralatan kosmetik yang digunakan, seperti hairspray dan deodorant.

9. Kasur

Hampir sama seperti bantal, kasur dapat menampung banyak debu, partikel kecil, dan bakteri. Dengan itu, kita dapat melindungi kasur dengan penutup kasur yang kedap dari debu, air, dan partikel kecil. kemudian, kasur juga dapat berubah bentuknya seiring berjalan waktu dan hal ini akan mempengaruhi kesehatan tulan badan kita. Umunya, kasur harus diganti setelah 5-10 tahun.

10. Karpet

Karpet yang lembut memang menyenangkan untuk dipijak bahkan sebagai alas tidur, namun karpet adalah benda yang rawan dengan debu, kotoran, dan partikel kecil yang biasa berasal dari kaki. Cucilah karpet paling tidak satu bulan sekali.

Itulah 10 tips untuk kamar tidur yang sehat. Yuk, jaga kebersihan kamar dan kesehatan kita. (about.com)