Find Us On Social Media :

Kok Bisa Jambu Biji Tumbuh di Gigi?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 17 Maret 2015 | 12:00 WIB

Kok Bisa Jambu Biji Tumbuh di Gigi?

Intisari-Online.com - Pernyataan orang dulu menyebut “jangan makan biji nanti tumbuh pohon di kepala” tampaknya bukan mitos semata. Di Taiwan, ada seorang pria yang ditemukan di giginya tumbuh kecambah jambu biji. Kok bisa jambu biji tumbuh di gigi?

Tak lain dan tidak bukan, ini disebabkan karena gigi jarang digosok. Sudah bukan rahasia lagi, gigi yang kurang bersih dan bisa menjadi tempat berkembangnya penyakit—dan belakangan ternyata bisa menjadi tempat tumbuhnya kecambah, seperti yang menimpa pria Taiwan itu.

Kejadian ini terjadi pada Desember 2011 lalu. Suatu ketika pria tersebut merasakan sakit gigi di bagian belakang. Mula-mula ia menganggap bahwa sakit gigi itu disebabkan karena gigi berlubang, namun setelah diperiksakan ke dokter, seperti dikutip dari NMANewsDirect, sakit itu ternyata disebabkan tumbuhan yang bersemai di sela-sela gigi.

Setelah dilakukan pencabutan oleh dokter tersebut, diketahui, tumbuhan itu merupakan bakal pohon (kecambah) jambu air. Kecambah jambu air itu diperkirakan berumur 10 hari di gigi si pria Taiwan yang mengaku belum lama ini pernah memakan biji.

Ada kemungkinan biji jambu biji itu terselit di sela-sela gigi. Lama-kelamaan, biji jambu itu tumbuh karena mendapat “pupuk” dari makanan yang diasup oleh pria tersebut. Terlebih, si pria itu mengaku jarang sekali menggosok dan membersihkah gigi.

Jadi, wejangan orangtua yang bilang, “Jangan memakan biji nanti bisa tumbuh” ada benarnya jika kita tidak pandai-pandai menjaga kebersihan gigi.