Find Us On Social Media :

5 Tips Agar Anak-anak Tetap Aktif

By Lintang Bestari, Selasa, 7 April 2015 | 08:00 WIB

5 Tips Agar Anak-anak Tetap Aktif

Intisari-Online.Com - Jika memiliki anak, tentunya kita ingin mereka tumbuh sehat dan bugar. Namun, sangat sulit untuk olahraga bersama mereka ketika ada pekerjaan dan urusan rumah tangga lainnya. Meskipun begitu, mencontohkan hidup sehat kepada mereka merupakan awal yang baik. Inilah lima tips agar anak-anak tetap aktif:

1) Merancang aktivitas di luar ruanganSediakan waktu weekend untuk melakukan hal aktif bersama keluarga seperti berenang atau bersepeda. Rancang piknik di luar rumah dengan membawa bekal makan siang berupa makanan sehat juga bisa dilakukan.

2) Mengambil kelas olahraga bersamaCari informasi mengenai klub fitness di area rumah kita yang menawarkan kelas yoga atau aerobik bagi orangtua dan anak. Jika anak kita masih terlalu kecil untuk melakukan aktivitas bersama, cari informasi mengenai aktivitas yang membantu ibu dan bayinya menurunkan kalori dalam tubuh.

3) Tata ulang ruang keluargaRuang keluarga biasanya ditandai dengan kegiatan bermalas-malasan. Misalnya, ada sofa empuk, video game, serta rak-rak penuh buku dan DVD. Tidak ada sesuatu yang memacu untuk melakukan kegiatan fisik. Bagaimanapun juga, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengingatkan kita dan anak-anak agar tetap aktif: bisa dengan meletakkan alat olahraga ringan seperti karpet yoga atau barbel di ruang keluarga.

4) Membuat pekerjaan rumah jadi menyenangkanDaripada membagi pekerjaan rumah kepada anak-anak secara terpisah, lebih baik menyatukan semua pekerjaan rumah jadi sebuah permainan yang bisa dilakukan bersama-sama. Mengadakan lomba membersihkan rumah tercepat dan coba memberikan ‘level’ kecepatan baru setiap minggunya. Menyalakan musik saat mencuci dan ajak anak-anak untuk bernyanyi bersama saat mereka membantu kita.

5) Ubah kebiasaan makanKeluarga yang sehat biasanya ditandai dengan kebiasaan makan yang sehat juga. Ajak anak kita pergi ke supermarket, biarkan mereka memilih sendiri buah dan sayuran yang diinginkan dan libatkan anak-anak saat proses memasak. Dengan begitu, mereka lebih menikmati makanannya dan bersedia untuk membersihkan sendiri piringnya setelah makan.Itulah lima tips agar anak-anak tetap aktif yang mungkin bisa kita coba mulai weekend ini! (health.com)