Find Us On Social Media :

Makan di Luar Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Bagi Anak Muda

By Lintang Bestari, Sabtu, 18 April 2015 | 09:00 WIB

Makan di Luar Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Bagi Anak Muda

Intisari-Online.Com - Menurut studi baru dari American Journal of Hypertension, anak muda yang sering makan di luar cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding mereka yang memakan masakan rumah.

Studi ini meneliti lebih dari 500 mahasiswa di Singapura. Mereka menemukan fakta bahwa satu makanan tambahan di luar rumah bisa meningkatkan 5% tekanan darah dan berpontensi terkena hipertensi. Para peneliti menjelaskan jenis makanan di luar cenderung mengandung lebih banyak kalori, lemak, dan garam daripada makanan di rumah. Tiga faktor tersebut merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Secara keseluruhan, 38% mahasiswa makan di luar 12 kali dalam seminggu karena jauh dari rumah. Dari hasil itu, partisipan laki-laki lebih banyak terkena darah tinggi daripada wanita yang hanya 10%.

Penelitian mengenai makan di luar menyebabkan tekanan darah tinggi bagi anak muda ini belum mengidentifikasi penyebab dan dampaknya secara luas. Para peneliti mengatakan, penelitian ini juga lebih bisa diaplikasikan pada masyarakat di Asia Tenggara daripada di belahan bumi lainnya. (time.com)