Find Us On Social Media :

Benarkah Tidur Membuat Kita Terlihat Lebih Muda?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 26 April 2015 | 18:00 WIB

Benarkah Tidur Membuat Kita Terlihat Lebih Muda?

Intisari-Online.com - Apakah kita mendambakan kulit yang sehat atau ingin terlihat selalu muda? Mungkin sebagaian orang berusaha untuk mewujudkannya dengan berbagai cara, seperti menggunakan krim malam atau anti penuaan yang menjanjikan memperbaiki kulit tubuh. Tak perlu repot-repot, nyatanya, tidur membuat kita terlihat lebih muda. Benarkah?

Tidur sebelum tengah malam dan bangun di pagi hari diyakini menjadi cara baik untuk menjaga kulit seorang, terutama perempuan, dan menjadikannya terlihat lebih muda. Waktu yang ideal untuk tidur nyenyak adalah 23.00 - 03.00. Selama waktu tersebut, tubuh secara efektif mengembalikan serta memperbarui sel-sel setiap organ. Pertumbuhan hormon juga hanya aktif di malam hari, persis saat kita sedang beristirahat.

Oleh sebab itu, kita kita tidur di malam hari, hormon di dalam tubuh akan sulit berfungsi. Lalu, bagaimana hubungan antara "tidur" dan "terlihat lebih muda"? Begini, ketika kita mendapatkan tidur yang baik, pertumbuhan hormon akan bekerja dengan baik dalam mengganti sel-sel kulit mati menjadi yang baru. Dengan begitu, kulit tubuh pun akan bersinar secara alami. Tidur cukup pun dapat membuat kita merasa lebih segar saat bangun.

Nah, sebaliknya, jika seseorang tidak tidur dengan baik, maka seseorang akan cenderung lemas atau lesu. Hal ini pun dapat mempengaruhi suasana hati ketika akan melakukan kegiatan, serta kita dapat terlihat kusam dan tua.

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah posisi tidur ternyata mempengaruhi kulit. Jika kita tidur dengan posisi yang kaku dan telungkup (menekan wajah), maka aliran darah akan terbatas, sehingga oksigen dalam darah tidak mengalir ke seluruh tubuh. Akibatnya, sel-sel mati akan terus muncul ke permukaan kulit dan menjadikan kita terlihat lebih tua.

Tetapi setiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda, sehingga tidur delapan jam tidaklah menjadi keharusan yang dilakukan setiap orang. Yang terpenting adalah jangan sampai melewatkan tidur. Sesibuk apa pun pekerjaan kita, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Tentunya juga jika kita memiliki kulit yang bersinar, kita akan lebih percaya diri. Itulah bagaimana hubungan tidur yang membuat kita telihat lebih muda.