Find Us On Social Media :

Tiga Olahraga untuk Memperkuat Tulang

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 2 Mei 2015 | 06:00 WIB

Tiga Olahraga untuk Memperkuat Tulang

Intisari-Online.com - Tulang menjadi struktur dasar tubuh kita. Oleh karena itu, tulang sangat penting dan kita harus menjaganya agar tetap kuat. Dengan memiliki tulang yang kuat, kita akan beraktifitas secara mudah dan bersemangat. Namun, beberapa dari kita lupa tentang pentingnya asupan dan gaya hidup yang sehat untuk tulang. Yuk, lakukan olahraga untuk menjadikan tulang kuat!

1. Olahraga berat bantalan

Apa itu berat bantalan? Sederhananya, olahraga ini adalah menggunakan berat tubuh yang belawanan dengan gravitasi bumi yang bertujuan untuk memperkuat tulang kita. Beberapa olahraga jenis ini adalah berlari, jogging, aerobic, melompat-lompat, dan lainnya.

Namun, untuk beberapa orang yang terdapat masalah pada tulangnya atau mengalami osteoporosis, lakukan saja dengan olahraga ringan, seperti berjalan cepat dan bisa juga dengan menggunakan alat treadmill.

2. Latihan beban

Olahraga beban ini bisa dilakukan dengan mengangkat atau mendorong beban tambahan untuk memperkuat tulang. Contohnya adalah angkat berat. Selain itu juga, kita bisa berlatih yoga atau pilates, namun kita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan instrukturnya, ya.

3. Olahraga yang tidak memiliki dampak (keindahan)

Olahraga ini bisa dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Tidak hanya itu, latihan ini juga dapat memperkuat otot dan tulang. Olahraga yang termasuk di dalam kategori ini adalah beberapa latihan gaya seni bela diri, seperti Tai Chi.

Bagaiamana? Sederhana, kan untuk melakukan olahraga yang memperkuat tulang. Menjaga tubuh agar tetap sehat akan menguntungkan diri kita terutama dalam berkegiatan sehari-hari. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan beberapa menit untuk berolahraga. (magforwomen.com)