Find Us On Social Media :

Bawang Bisa Digunakan Sebagai Otot Buatan

By Lintang Bestari, Kamis, 7 Mei 2015 | 13:00 WIB

Bawang Bisa Digunakan Sebagai Otot Buatan

Intisari-Online.com - Bagaimana jika kita menggunakan bawang untuk mengganti otot kita yang luka? Mungkin terdengar aneh, namun penelitian baru yang dipublikasikan pada jurnal Applied Physics Letters menyatakan bahwa bawang memiliki material ideal yang bisa digunakan sebagai otot buatan.

Para peneliti dari National Taiwan University di Taipei menguji bawang melalui beragam tes untuk mengukur potensinya sebagai otot buatan. Pertama, para peneliti menghilangkan lapisan demi lapisan yang ada di dalam bawang. Lalu mereka membekukan dan mengeringkannya agar kandungan airnya hilang. Para peneliti memberikan aliran listrik ke lapisan bawang itu untuk melihat bagaimana responnya.

Pada akhirnya, mereka menemukan bahwa bawang ternyata bisa menekuk, menguncup, dan memanjang ketika menerima rangsangan dan aksi dari luar. Ketika para peneliti memberikan tegangan listrik yang tepat, bawang langsung berkontraksi dan bisa ‘menggenggam’ bulatan kapas. Dengan begitu, bawang bisa digunakan sebagai otot buatan.

Sel-sel sayuran menjanjikan banyak manfaat bagi tubuh karena mereka bisa memberikan banyak fungsi yang sama meskipun mereka sudah tak hidup lagi, berbeda dengan sel lainnya. “Orang-orang telah berusaha memiliki otot yang baik sebelumnya. Namun, untuk tetap menjaga sel-sel otot tetap hiduplah yang sulit. Kami menggunakan sel sayuran karena dinding sel-nya memberikan kekuatan bagi otot,” kata Wen-Pin Shih, salah satu peneliti.

Meskipun begitu, para peneliti mengatakan, masalah utamanya adalah bagaimana menggunakan bawang di otot manusia. Mungkin, tegangan listrik yang diperlukan harus lebih tinggi untuk memicu pergerakan. (time.com)