Find Us On Social Media :

Cara Terhindar Penyakit Degeneratif

By Lintang Bestari, Senin, 11 Mei 2015 | 14:00 WIB

Cara Terhindar Penyakit Degeneratif

Intisari-Online.com - Penyakit degeneratif saat ini tidak hanya menyerang orang lanjut usia saja, tapi juga masyarakat berusia produktif. Bahkan, data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan, 71% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit yang terjadi akibat menurunnya fungsi organ tubuh seperti jantung, stroke, alzheimer, osteoporosis dan kanker ini.

Untuk menghindari penyakit degeneratif, cara mudahnya adalah mengganti kebiasaan hidup yang buruk dengan kebiasaan yang baik. Inilah cara terhindar penyakit degeneratif menurut Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik:

Konsumsi Healthy PortionMenurut dr. Inge, makanan yang kita konsumsi haruslah beragam dan seimbang. Artinya, makanan kita harus kaya akan karbohidrat, protein, sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk sayur-sayuran akan lebih baik jika semakin beragam dan jumlahnya lebih banyak.

Biasakan juga agar sarapan setiap hari. Meskipun sedang diet, jangan sampai kita melewatkan jam makan. Yang paling penting adalah membatasi gula, garam dan minyak pada makanan kita. Jangan lupa selalu cek label makanan agar kita tahu apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita.

Aktivitas yang sehatLuangkan waktu paling tidak minimal 30 menit, tiga kali hingga lima kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering di depan komputer atau bermain gadget. Hindari juga merokok karena hal tersebut termasuk bagian dari polusi udara yang membahayakan kesehatan kita.

IstirahatApakah Anda sering begadang? Menurut dr. Inge, kita harus memiliki istirahat yang cukup. Paling tidak, kita mendapatkan waktu tidur minimal 6 jam perharinya. Jika kurang dari itu, maka sebaiknya mengatur ulang jadwal pekerjaan dan waktu tidur kita.

Mengurangi stresJika kita sering stres, lama-kelamaan pembuluh darah bisa rusak. Kurang istirahat juga bisa menyebabkan stres. Untuk itu, sebaiknya hilangkan faktor penyebab stres kita agar hidup lebih sehat.

Itulah cara terhindar dari penyakit degeneratif. Mulai terapkan ini pada diri sendiri dan juga orang-orang terdekat kita!