Find Us On Social Media :

Uang, Faktor Utama yang Membuat Seseorang Berhenti Merokok

By Lintang Bestari, Jumat, 15 Mei 2015 | 13:00 WIB

Uang, Faktor Utama yang Membuat Seseorang Berhenti Merokok

Intisari-Online.com - Sebuah studi menemukan fakta bahwa uang merupakan faktor utama membuat seseorang berhenti merokok. Mereka tidak ingin kehilangan uangnya.

Studi tentang uang sebagai faktor utama seseorang berhenti merokok dipublikasikan pada New England Journal of Medicine. Studi ini melihat sangat penting bagi para perokok ketika kita menjanjikan uang kepada mereka apabila berhasil berhenti merokok. Sebaliknya, kita pun juga mengancam mereka untuk memberikan uangnya kepada kita ketika mereka gagal.

Dengan membandingkan lima teknik berhenti merokok pada 2000 karyawan CVS Caremark, studi ini menemukan bahwa teknik yang menggunakan uang tunai di muka – di mana uang itu nantinya akan diambil ketika mereka gagal – dianggap jauh lebih efektif untuk para perokok dibanding tantangan yang hanya menawarkan uang tunai sebagai hadiah.

“Hal tersebut membuktikan sifat alami seseorang yang takut kehilangan uang,” kata pemimpin penelitian, Dr. Scott Halpern, dari Perelman School of Medicine.

Banyak orang bersedia mengikuti tantangan di mana mereka akan dapat hadiah dibanding setoran di muka. Namun, menurut Halpern, program setoran di muka dua kali lebih efektif daripada menjanjikan uang sebagai hadiah dan lima kali lebih efektif dibanding terapi penggantian nikotin.

Studi ini juga menemukan bahwa teknik tersebut lebih baik diterapkan kepada grup dibanding individu. (time.com)