Find Us On Social Media :

15 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga (1)

By Lintang Bestari, Sabtu, 16 Mei 2015 | 06:00 WIB

15 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga (1)

Intisari-Online.com - Diet dan olahraga sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap normal. Namun, ada beberapa trik lain yang bisa memberikan hasil yang sama. Berat badan tetap terjaga tanpa melakukan aktivitas fisik. Inilah 15 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga:

Berkumpul dengan orang-orang yang positif

‘Membersihkan’ hidup kita dari orang-orang ‘beracun’ merupakan hal penting bagi kebahagiaan. Apalagi jika orang tersebut selalu mengomentari tampilan fisik kita. Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal psikologi sosial Personal Relationship menemukan fakta bahwa wanita senang mendengar diri dan tampilan fisiknya diterima daripada selalu dikomentari atau disuruh untuk selalu menurunkan berat badan. Mereka yang sering menerima pesan negatif tentang tubuhnya justru berat badannya malah naik.

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki kontrol diri

Temukan teman yang menerima tubuh kita apa adanya dan jangan lepaskan mereka apabila mereka memiliki kontrol diri yang kuat apalagi jika menyangkut makanan. Sifat itu bisa menular. Para peneliti menyatakan pola makan bisa dipengaruhi oleh kebiasaan makan teman-teman kita. Jika ingin menurunkan berat badan, ajak teman bergabung di kegiatan kita tanpa harus makan terus.

Abaikan iklan di televisi

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan abaikan iklan di televisi. Melihat makanan di televisi bisa membuat kita menginginkan makanan tersebut. Penelitian yang di publikasikan pada Health Psychology menguji efek iklan televisi pada penontonnya, dan ternyata hasilnya luar biasa. Keterpaparan seseorang pada iklan makanan di televisi membuat mereka jadi sering ngemil. Sama halnya dengan menonton acara masak yang berkaitan dengan tingginya resiko obesitas.  

Kunyah makanan

Cara ini cukup simpel: mengunyah makanan jauh lebih baik daripada langsung menelannya. Mengunyah membuat kita makan dengan lebih lambat, yang mana menurut studi, dapat menelan lebih sedikit kalori. Mengunyah memberikan waktu bagi tubuh kita untuk memproses rasa kenyang. Jadi, kita bisa berhenti makan ketika benar-benar ‘kenyang’ bukan sekedar ‘kembung’.

Cukup tidur

Ketika sedang ragu, maka tidurlah. Tidur dapat meningkatkan mood, memperbaiki penampilan di pekerjaan dan bahkan bisa menghilangkan sakit kepala. Sebuah riset menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur lebih sedikit kemungkinan akan kelebihan berat badan.(huffingtonpost.com)