Find Us On Social Media :

5 Cara Meningkatkan Memori

By Lintang Bestari, Rabu, 20 Mei 2015 | 06:00 WIB

5 Cara Meningkatkan Memori

Intisari-Online.com - Padatnya kegiatan terkadang membuat kita melupakan hal-hal kecil. Jika ingin lebih fokus, mungkin 5 cara meningkatkan memori ini bisa kita coba:

Minum kopiSebuah studi di tahun 2014 dari Johns Hopkins University, menyatakan bahwa minum kopi setelah mempelajari hal baru bisa menguatkan ingatan kita. Ternyata, kopi bisa membuat otak kita bekerja lebih baik. Zach Reagh, sarjana yang bekerja di The Neuroscience of Memory, Aging, and Dementia Lab mengatakan, hal itu terjadi karena kafein menyebabkan otak melepaskan norepinefrin yang menguatkan proses konsolidasi memori.

Angkat bebanIngin mengingat setiap detil dari kejadian spesial atau mengingat apa baju yang kita kenakan beberapa minggu yang lalu? Cobalah angkat beban selama 20 menit. Sebuah studi yang dilakukan Georgia Institute of Technology menemukan fakta bahwa memori episodik (memori jangka panjang suatu kejadian) bisa dingat kembali melalui olahraga singkat.

Berhenti merokokSebuah penelitian dari McGill University dan University of Edinburgh menunjukkan bahwa merokok dapat menipiskan lapisan otak lebih cepat dari orang yang tidak merokok. Penipisan itu menyebabkan penurunan fungsi kognitif kita. Oleh karena itu, berhenti merokok selalin bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan paru-paru juga bisa meningkatkan memori.

Atur waktu tidurJika ingin mengingat hal yang kita dengar, lihat dan lakukan setiap harinya, dapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Sebuah studi baru telah mengidentifikasi pola menarik dari tidur dan memori kita: ketika menerima informasi baru, otak kita akan membuat kita terjaga dan jika otak sudah siap mengkonversi kenangan jangka pendek ke jangka panjang maka kita memerlukan tidur.

Mencium bau rosemaryAromaterapi tidak hanya memberikan efek relaksasi saja, tapi aroma kayu dari rosemary bisa membantu kita meningkatkan memori jangka panjang. “Rosemary telah menjadi salah satu aroma yang erat kaitannya dengan kemampuan mengingat,” kata Mark Moss, kepala Departemen Psikologi di Universitas Northumbria.

Itulah 5 cara meningkatkan memori kita. Apakah Anda tertarik mencobanya? (huffingtonpost.com)