Find Us On Social Media :

15 Kebiasaan Makan Yang Membuat Kita Panjang Umur (2)

By Lintang Bestari, Selasa, 26 Mei 2015 | 16:00 WIB

15 Kebiasaan Makan Yang Membuat Kita Panjang Umur (2)

Intisari-Online.Com - Selama sepuluh tahun terakhir, Dan Buetnerr dari Health.com bekerja sama dengan para ahli kesehatan mempelajri rahasia orang-orang yang panjang umur di seluruh belahan dunia. Inilah 15 kebiasaan makan yang bisa membuat kita panjang umur:

Tambahkan setengah gelas kacang pada makananPada dasarnya, kacang-kacangan mengandung 21 persen protein, 77 persen karbohidrat kompleks dan hanya sedikit sekali lemak. Kacang-kacangan juga sumber serat serta memiliki nutrisi yang cukup banyak dibanding makanan lainnya di bumi ini.

Beralih ke gandumSama seperti kacang-kacangan, gandum juga kaya akan serat. Bahkan, roti gandum bisa menurunkan kadar glikemik makanan dan memiliki gluten yang lebih sedikit dibanding jenis roti lainnya.  

Kurangi konsumsi gulaKebiasaan makan yang bisa membuat kita panjang umur lainnya adalah kurangi konsumsi gula. Pelajaran untuk kita: jangan konsumsi gula lebih dari empat sendok teh dalam sehari. Boleh makan kue, roti, dan permen namun jangan sering-sering. Hindari makanan berproses yang menambahkan gula pada komposisi makanannya.

Ngemil dua genggam kacang kulit per hariStudi dari Harvard menyatakan bahwa mengonsumsi kacang bisa menurunkan resiko kematian hingga 20%. Studi lain menunjukkan diet dengan kacang dapat mengurangi LDL atau kolesterol buruk.

Bertahan dengan makanan yang sesuai dengan fungsinyaSemakin berkembangnya zaman, banyak jenis makanan yang dikombinasikan. Suplemen pun begitu. Mengapa tidak mengonsumsi makanan utama sekaligus? Dengan begitu, manfaat yang didapat dari makanan tersebut pun lebih banyak. Hindari produk dengan bahan baku campuran yang sangat banyak.