Find Us On Social Media :

Vaksinasi Jadi Solusi Hidup Sehat bagi Para Lansia

By Arnaldi Nasrum, Senin, 1 Juni 2015 | 12:00 WIB

Vaksinasi Jadi Solusi Hidup Sehat bagi Para Lansia

Intisari-Online.com - Angka penyakit infeksi pada usia lanjut masih terbilang tinggi mengingat sistem imunitas manusia memang akan menurun seiring pertambahan usia. Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia tahun 2012, jumlah penduduk berusia lebih dari 60 tahun adalah 7,56 persen dari total populasi yang mencapai sekitar 18 juta jiwa. Angka ini diproyeksikan akan terus bertambah.

dr. Sukamto Koesno, SpPD, KAI dari Satgas Imunisasi Dewasa dalam acara Pencanangan Gerakan Vaksinasi Lansia untuk Hidup Sehat dan Bahagia yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan (KEMENKES) RI, Satgas Imunisasi Dewasa dan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), Minggu (31/5) di Taman Menteng, Jakarta mengungkapkan mereka yang berusia lanjut harus tetap meneruskan gaya hidup sehat.

“Salah satu di antaranya adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan vaksinasi. Vaksinasi yang dianjurkan bagi mereka adalah influenza, pneumonia dan herpes zoster,” ungkap Sukamto.

Vaksinasi memang dapat menjadi solusi hidup sehat bagi para lansia. Meski begitu, Sukamto juga mengungkapkan jika selama ini gaung vaksinasi memang belum kuat. Selain karena biaya vaksinasi yang cukup, pengetahuan masyarakat terkait dengan vaksinasi juga masih terbilang minim.

Dalam hal ini pemerintah diharapkan terus mendorong para lansia untuk melakukan vaksinasi mengingat kerentanan di usianya.

Permasalahan yang sering terjadi adalah masalah kesehatan pada lansia seperti kurang gizi dan berat badan kurang dianggap lumrah karena faktor usia. Padahal, hal tersebut dapat menjadi gejala dari depresi dan penyakit serius pada orang tua.

Pencanangan gerakan vaksinasi ini merupakan bagian dari acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2015.