Find Us On Social Media :

Pagi Hari, Waktu Terburuk untuk Minum Kopi?

By Lintang Bestari, Rabu, 3 Juni 2015 | 06:00 WIB

Pagi Hari, Waktu Terburuk untuk Minum Kopi?

Intisari-Online.Com - Sering kali, para peneliti membantah apa yang sudah jadi kebiasaan kita selama ini. Salah satunya: minum kopi di pagi hari. Ternyata, pagi hari merupakan waktu terburuk untuk minum kopi, menurut ASAP Science. Alasannya karena jumlah kortisol dalam tubuh kita pada pagi hari sangat tinggi.

Mengonsumsi kafein ketika jumlah kortisol tinggi menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein mengganggu produksi kortisol – hormon yang dikeluarkan tubuh ketika kita stres dan saat gula darah rendah. Adanya kafein membuat tubuh berhenti memproduksi kortisol dan berusaha menggantikannya dengan kafein.

Minum kopi di pagi hari buruk karena bisa menyebabkan kita jadi ingin terus-terusan minum kopi di waktu tersebut. Masalahnya, hal itu meningkatkan toleransi seseorang terhadap kafein sehingga nantiya produksi kortisol jadi berkurang.

Pahami bahwa jumlah kortisol di pagi hari tiga kali lebih tinggi, menurut sebuah studi di tahun 2009. Jadi, waktu terbaik untuk minum kopi atau kafein adalah sekitar jam 10 pagi, dan sore hari antara pukul 2 hingga 5.

Peminum kopi pagi harus mempertimbangkan lagi jadwal mereka agar asupan kafein lebih optimal. Secangkir kopi di pagi hari mungkin awalnya menyenangkan, namun lama-lama jadi tidak efektif dan bisa-bisa membahayakan kesehatan. (time.com)