Find Us On Social Media :

11 Manfaat Bersepeda yang Harus Kita Ketahui (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 7 Juni 2015 | 06:00 WIB

11 Manfaat Bersepeda yang Harus Kita Ketahui (1)

Intisari-Online.com - Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Kita bisa mengayuh ke mana saja yang kita inginkan dan menikmati setiap sudut yang kita lewati. Tidak sedikit orang yang memilih bersepeda sebagai olahraga yang mereka tekuni dan ada 11 manfaat bersepeda yang harus kita ketahui lebih jauh.

1. Bermanfaat untuk pergerakan

Bersepeda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening, sehingga dapat mencegah komplikasi penyakit ini.

2. Bermanfaat untuk pinggang dan tulang belakang

Meskipun bersepeda lebih fokus pada latihan tungkai dan kaki, namun ini juga dapat memberi efek pada bagian atas tubuh, misalnya bahu dan pinggang. Oleh karena itu, bersepeda sangat cocok untuk mereka yang mengalami kelainan postur tubuh dan berat badan yang berlebih.

3. Bermanfaat untuk kehamilan

Belum lama ini, ditunjukkan bahwa bersepeda sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ketika hamil, wanita akan mengalami nyeri tubuh, sakit punggung, kaku sendi, dan lainnya. Dengan bersepeda, maka akan memberikan kelegaan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri. Hal ini pun akan berisiko rendah terhadap tekanan darah tinggi, depresi, dan diabetes.

4. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Latihan kardiovaskular akan memperkuat jantung. Dengan ini pun akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kadar lemak di dalam darah.

5. Kegiatan berdampak rendah

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang memiliki dampak rendah. Melakukan kegiatan bersepeda senyaman mungkin seperti seperti bersenang-senang.

6. Memberikan paparan sinar matahari

Para ahli percaya bahwa 15 menit terkena sinar matahari, dapat memberikan kita vitamin D yang akan mencegah osteoporosis. Dengan bersepeda, maka kulit kita akan langsung terpapa sinar matahari.