Find Us On Social Media :

10 Hal yang Perlu Ketahui tentang Secangkir Kopi Pagi

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 10 Juni 2015 | 10:00 WIB

10 Hal yang Perlu Ketahui tentang Secangkir Kopi Pagi

Intisari-Online.com - Tidak ada keraguan lagi, menyecap secangkir kopi di pagi hari adalah senikmat-nikmatnya hidup. Tidak menjadi soal, apakah kita seorang peminum latte atau penggemar kopi hitam. Sulit meragukan manfaat kopi pagi; energi yang dihasilkan, juga baunya yang menggairahkan. Inilah 10 hal yang perlu kita ketahui tentang secangkir kopi pagi, seperti dilansir Hufingtonpost.com.

  1. Kita telah meminum lebih dari 500 miliar cangkir kopi setiap tahunnya di seluruh dunia—14 miliar di antaranya adalah penikmat espresso Italia.
  2. Jika kita adalah seorang perempuan, mengonsumsi kopi di pagi hari memungkinkan kita berisiko depresi lebih rendah. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa risiko depresi adalah 20% lebih rendah pada perempuan peminum kopi.
  3. Aroma kopi bisa membangunkan kita dari tidur. Dan itu sudah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Seoul National University 2008 lalu.
  4. Bisa mengatasi disfungsi ereksi. Jika Anda adalah seorang pria peminum kopi setara 2 – 3 cangkir setiap hari, ada kabar baik buat Anda, pria yang meminum kopi, pria yang minum kopi antara 85 – 170 mg kafein per hari, 42 lebih rendah terkena disfungsi ereksi.
  5. Dark roast coffe memiliki kafein lebih rendah dibanding light roast coffe.
  6. Minumlah kopi sekitar pukul 10.00. Meminum kopi sesaat setelah bangun memang tidak masalah, tapi alangkah baiknya kita menunggunya beberapa saat setelah kadar kortisol—hormon yang berhubungan dengan stres—benar-benar turun.
  7. Kopi menurunkan risiko penyakit alzheimer. Orang yang minum 3 – 5 cangkir kopi sehari memiliki risiko alzheimer 20 persen lebih kecil dibanding yang tidak, begitu hasil penelitian 2014 Alzheimer Europe Annual Congress.
  8. Saat ini, untuk mendapatkan sebuah kedai kopi bukan hal yang sulit. Kita bisa menjumpainya hampir di sepanjang jalan ke kantor. Business Insider menyebut, bisnis kopi merupakan ceruk bisnis yang paling cepat berkembang saat ini, dengan kenaikan sekitar 7% tiap tahunnya.
  9. Saat ini sudah banyak sistem perdagangan kopi yang lebih fair, yang lebih memihak kepada petani kopi.
  10. Kopi sebagai penambah stamina. “Studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan ketahanan fisik dan stamina,” ujar Molly Kimball, pakar diet di New Orleans, kepada Shape.com.