Find Us On Social Media :

Merokok Sebabkan 12 Jenis Kanker yang Berbeda

By Lintang Bestari, Kamis, 18 Juni 2015 | 18:00 WIB

Merokok Sebabkan 12 Jenis Kanker yang Berbeda

Intisari-Online.Ccm - Semua orang tahu jika merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru. Namun, selain itu, merokok juga bisa meneyebabkan kanker lainnya, dari kanker pankreas hingga leukemia. Saat ini, penelitian baru menunjukkan seberapa buruk efek tembakau apabila perokok terkena kanker.

Menurut penelitan di JAMA Internal Medicine, merokok bisa sebabkan 12 jenis kanker berbeda dan meningkatkan kematian hingga 48%. Secara umum, kanker telah menyebabkan 80% kematian pada pengidap kanker paru-paru dan 77% pada kanker tenggorokan. Jenis kanker lain yang disebabkan rokok ada kanker kerongkongan, ginjal dan kanker hati.

Para peneliti menganalisis data tahun 2011 dari wawancara yang dilakukan sebelumnya oleh Centers for Disease Control and Prevention. Secara keseluruhan, kira-kira 168.000 orang di Amerika Serikat setiap tahunnya meninggal karena kanker yang disebabkan oleh merokok.

Hal yang penting dari hasil penelitian mengenai merokok sebabkan 12 jenis kanker berbeda ini, meskipun prevalensi merokok beberapa tahun ini sudah menurun tapi tetap perlu diperhatikan karena bahayanya itu. Untuk mengurangi kematian akibat kanker dan penyakit serius lainnya, perlu tindakan komprehensif pengendalian tembakau dan dukungan pemerintah. (time.com)