Find Us On Social Media :

Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Ketika Buka Puasa Datang

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 19 Juni 2015 | 20:00 WIB

Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Ketika Buka Puasa Datang

Intisari-Online.com - Salah satu masalah yang kerap menyerang orang yang sedang berpuasa adalah asam lambung. Terutama ketika kita buru-buru melahap makanan saat buka puasa datang. Berikut beberapa cara mudah mencegah asam lambung ketika buka puasa datang.

Dokter spesialis penyakit dalam Murdani Abdullah menyarankan untuk makan secara bertahap ketika berbuka.”Bukanya pelan-pelan, mungkin empat kali makan, tapi makannya sedikit-sedikit,” ujarnya seperti dilansir Kompas.com.

Tak hanya itu, kita juga harus lebih memperhatikan asupan makanan saat berbuka—juga ketika sahur. Jika kita khawatir asam lambung kita naik, alangkah baiknya kita menghindari makanan-makanan yang digoreng, cokelat, makanan tinggi lemak, juga mie instan. Hindari juga minuman yang dapat merangsang reaksi lambung.

“Apa itu minuman yang dapat merangsang reaksi lambung? Soft drink, kopi, atau juga teh pekat. Minuman-minuman itu sebaiknya dihindari saat berbuka,” tambah Murdani. 

Cara lainnya, buatlah jeda antara waktu makan dan tidur malam. Lebih lanjut, menurut Mirdani tidak ada halangan berpuasa bagi umat muslim yang memiliki masalah pada lambungnya. Cara terakhir yang mungkin bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan obat-obat sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Alangkah baiknya mengonsultasikannya ke dokter jika memiliki masalah lambung yang cukup berat.