Find Us On Social Media :

6 Tanda Porsi Olahraga Anda Berlebih (1)

By Lila Nathania, Minggu, 21 Juni 2015 | 11:00 WIB

6 Tanda Porsi Olahraga Anda Berlebih (1)

Intisari-Online.com - Olahraga sudah pasti merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Namun inilah enam tanda porsi olahraga Anda berlebih.

1.Performa menurun

Ini adalah hal pertama yang paling mudah diketahui saat Anda terlalu banyak berolahraga. Jika Anda tidak bisa berlari sejauh 10 kilometer padahal biasanya jarak tempuh mencapai 20 kilometer, berarti tubuh sudah terlalu kelelahan.  Hal ini juga dapat terlihat dari berkurangnya beban barbel yang bisa Anda angkat di gym. Jika Anda ingin mendapatkan hasi lolahraga yang optimal. Beristirahatlah. Otot bisa kelelahan dan hanya waktu yang bisa embuat mereka meregenerasi ulang jaringan-jaringannya.

2. Terforsir

Perbedaan dari sekedar lelah dan terforsir adalah rasa capek yang tetap ada walau Anda sudah tidur semalaman. Jika Anda terus merasa mengantuk setiap saat dan merasa ingin tidur sepanjang hari, porsi olahraga sebaiknya segera dikurangi. Turutilah saran dari tubuh Anda untuk tidur dan beristirahat sejenak dari rutinitas olahraga yang berlebihan.

3. Masa pemulihan lebih lama

Masa pemulihan yang lama adalah tanda bahwa tubuh telah bekerja dengan terlalu keras. Biasanya orang yang terlalu banyak berolahraga akan mengalami pegal dan nyeri otot dalam waktu yang lama. Orang normal bisa pulih dari rasa pegal sehabis olahraga dalam waktu relatif singkat. Namun orang yang berolahraga berlebihan akan sulit kembali pulih karena tubuh terlalu sibuk mengembalikan sistem imun. Sistem imun ini lebih dibutuhkan tubuh untuk mencegah Anda terus merasa lelah dan terforsir. Karena itulah tubuh tak bisa menyembuhkan pegal dan nyeri otot dengan cepat.

Itulah tiga tanda porsi olahraga Anda berlebih. Apakah Anda mengalami satu dari tiga tanda ini? (Fitneass)