Find Us On Social Media :

Terlalu Banyak Vitamin B12 Memicu Tumbuhnya Jerawat

By Ade Sulaeman, Kamis, 25 Juni 2015 | 18:00 WIB

Terlalu Banyak Vitamin B12 Memicu Tumbuhnya Jerawat

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa terlalu banyak vitamin B12 dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menginvestigasi perbedaan antara bakteri kulit pada orang yang memiliki jerawat dengan bakteri kulit pada orang yang tidak memiliki jerawat.

Para peneliti melihat “ekspresi gen” bakteri untuk mengetahui mengapa jerawat Propionibacterium, mikorba yang umum terdapat di kulit, dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang, namun tidak pada beberapa orang lain.

Mereka kemudian menemukan bahwa vitamin B12 mengubah “ekspresi” gen dari bakteri kulit, yang pada akhirnya menimbulkan iritasi hingga menjadi jerawat.

Nah, pada manusia, vitamin B12 memiliki peran dalam metabolisme, formasi sel darah merah, dan memelihara sistem saraf pusat.

Keberadaan vitamin B12 biasa ditemukan mulitvitamin. Untuk itu, penelitian terbaru perlu dilakukan untuk menemukan apakah seseorang yang memiliki jerawat perlu mengonsumsi suplemen vitamin B12.

“Saya pikir, memang ada hubungan antara vitamin B12 dan jerawat,” tutur Huiying Li, salah satu penulis penelitian ini, yang juga asisten profesor farmakologi di UCLA’s David Geffen School of Medicine.

Tim ini menemukan adanya jalur molekuler yang bisa menjelaskan link dalam studi mereka, tetapi masih perlu konfirmasi dari penelitian di masa depan. "Masih banyak yang harus dipelajari agar benar-benar memahami bahwa terlalu banyak vitamin B12 dapat memicu tumbuhnya jerawat," katanya.

(livescience.com)