Find Us On Social Media :

5 Pilihan Fashion yang Membahayakan Kesehatan

By Lintang Bestari, Sabtu, 27 Juni 2015 | 06:00 WIB

5 Pilihan Fashion yang Membahayakan Kesehatan

Intisari-Online.com - Bermain-main dengan perkembangan mode bisa jadi hal yang menyenangkan. Namun, studi terbaru mengatakan, jeans ketat (skinny jeans) bisa menyebabkan kerusakan sarah. Inilah 5 pilihan fashion yang justru membahayakan kesehatan:

Skinny jeans Studi yang dipublikasikan pada Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menceritakan kisah wanita berusia 35 tahun yang kakinya tiba-tiba mati rasa ketika dia menggunakan skinny jeans. “Kaki dan pergelangan kakinya sangat bengkak sehingga petugas gawat darurat harus merobek skinny jeans-nya. Pergelangan dan jari kakinya sangat lemah, namun bagian atas tubuhnya bekerja secara normal,” kata Alice Park, pemimpin penelitian. Ternyata, saraf yang mengatur kaki bagian bawah dan telapak kaki perempuan tersebut tersumbat karena terlalu lama berjongkok saat mengenakan skinny jeans. Celana jeans ketat mungkin menjadi tren bagi pria dan wanita. Namun, tampilan mode terbaik tidak ada artinya jika membahayakan kesehatan.

Sepatu Hak Tinggi Para ahli mengatakan semakin tinggi hak pada sepatu maka semakin berat beban yang ditumpu kaki, yang mana bisa menyebabkan rasa sakit. Sebuah review di tahun 2014 menyimpulkan bahwa sepatu hak tinggi bisa mengubah posisi alami kaki, menyebabkan “reaksi berantai” yang mengganggu kesehatan tulang belakang. Para peneliti menyarankan agar wanita mengurangi pemakaian sepatu hak tinggi sehingga mencegah resiko cedera kaki.

Korset Pilihan fashion yang membahayakan kesehatan lainnya adalah korset. Beberapa wanita tergila-gila menggunakan korset untuk membentuk lingkar pinggang mereka. Padahal, menurut beberapa ahli, tidak ada hasil signifikan setelah menggunakan korset. Malahan kita jadi susah bernapas, kesakitan, dan bisa membahayakan tulang rusuk.

Dasi Sebuah penelitian kecil menyatakan penggunaan dasi yang terlalu ketat bisa meningkatkan tekanan intraktanial dan juga meningkatkan level tekanan darah pada mata.

Tindik tubuhStudi di tahun 2012 yang dilakukan Northwestern Unicersity melaporkan bahwa 20% infeksi bakteri disebabkan oleh tindik tubuh. Menurtut penelitian tersebut, masalah lain yang bisa muncul meliputi gangguan prosedur kesehatan dan alergi. Menggunakan alat tindik yang terjamin kebersihannya bisa mencegah dampak tersebut.

Itulah 5 pilihan fashion yang membahayakan kesehatan. Jadi, mulai sekarang kita bisa lebih berhati-hati dalam mengikuti perkembangan fashion. Pastikan tren tersebut tidak membahayakan kesehatan kita. (time.com)