Find Us On Social Media :

5 Cara Mendapatkan Produktivitas Maksimal

By Lintang Bestari, Selasa, 30 Juni 2015 | 06:00 WIB

5 Cara Mendapatkan Produktivitas Maksimal

Intisari-Online.com - Produktivitas sangat dibutuhkan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Tentunya kita tidak ingin melewati hari begitu saja tanpa ada hal yang dikerjakan. Inilah 5 cara mendapatkan produktivitas maksimal setiap harinya:

Mengatur ritual pagiMenjalani hari dengan cara yang sama setiap harinya bisa menandakan bahwa hari sudah dimulai meskipun kadang-kadang terlalu malas untuk bangun tidur. Ritual pagi yang kita buat bisa sesimpel mendengarkan lagu penuh semangat ketika mandi atau jogging di pagi hari (yang diketahui bisa mengeluarkan dopamin, zat yang bisa memotivasi kita). Pilih aktivitas yang membuat kita lebih positif dalam menjalani hari, dan pastinya yang bisa kita lakukan secara rutin.

Jangan terlalu lama dudukJika kita bekerja di meja kita setiap hari, hal terburuk yang bisa terjadi adalah kita jadi bergantung pada komputer. Posisi duduk mendorong diafragma kepada paru-paru kita sehingga membatasi kemampuan kita untuk mengambil napas. Kalau kita kekurangan oksigen, maka kemampuan konsentrasi kita terhambat. Untuk mengakalinya kita bisa melakukan hal berikut ini:

Rencanakan jadwal sesuai dengan energiProduktivitas sangat bergantung pada level energi. Kenali kekuatan kita dan kapan energi mulai berkurang setiap harinya lalu rencanakan jadwal yang sesuai dengan waktu tersebut. Sebagai contoh, jika kita bukan ‘morning person’, sebaiknya mulai hari dengan tugas biasa yang tidak memerlukan aktivitas mental seperti mendengarkan voicemail atau membalasa e-mail. Lalu kerjakan proyek penting di siang hari ketika kita sudah lebih fokus.

Namun, daripada hanya bergantung pada level energi kita, lebih baik mulai belajar untuk meningkatkan produktivitas dengan memanipulasi kognitif kita melalui diet, tidur, dan tambahan suplemen.

Menciptakan dorongan untuk menyelesaikan tugasApa yang mengganggu kita dari pekerjaan? Rasa lapar? Sms? Mengobrol dengan rekan kerja? Daripada membiarkan distraksi mengganggu pekerjaan kita, gunakan hal tersebut sebagai dorongan untuk cepat menyelesaikan pekerjaan. Contohnya: “jika saya bisa menyelesaikan laporan ini, saya akan memperbolehkan diri saya mendapatkan istirahat selama lima menit”.

Minum airMungkin ini terdengar simple, tapi ada beberapa orang di antara kita yang lebih memilih kopi daripada air putih di pagi hari. Manfaat minum air putih sangat banyak pada pagi hari. Mengapa? Karena setelah berisitirahat selama 7-9 jam, tubuh kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi memiliki dampak buruk: pusing, lesu, kebingungan bahkan pingsan. Pastikan minum air putih tidak hanya menjadi ritual pagi tapi juga sebagai rutinitas sehari-hari.

Itulah 5 cara mendapatkan produktivitas maksimal. Selamat mencoba! (huffingtonpost.com)