Find Us On Social Media :

9 Hal yang Membuat Kita Makan Lebih Banyak (2)

By Lintang Bestari, Kamis, 2 Juli 2015 | 07:00 WIB

9 Hal yang Membuat Kita Makan Lebih Banyak (2)

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah memiliki hari di mana rasanya tak ingin berhenti makan? Para peneliti telah menemukan bahwa faktor biologis, psikologis dan lingkungan sekitar mempengaruhi mengapa kita selalu merasa lapar dan ingin makan terus. Inilah 9 hal yang membuat kita makan lebih banyak:Lingkungan sosialSaat kumpul bersama teman-teman, makanan dan minuman menjadi fokus utamanya. Masalah dari hal tersebut, karena kita sibuk mengobrol dan bersosialisasi kita jadi kurang perhatian terhadap apa yang kita makan. Sebuah penelitian menunjukkan kita cenderung mengikuti gaya makan orang yang bersama dengan kita. Hal itu baik jika teman kita suka mengonsumsi makanan sehat. Namun jadi berbahaya jika mereka adalah pecinta junk food.

KebosananKetika rasa bosan datang, tanpa sadar pasti kita ingin ngemil sesuatu meskipun tidak lapar. Para peneliti mengatakan, ketika kita tidak memiliki sesuatu untuk dilakukan atau dipikirkan, kita mulai mencari sesuatu. Jika pizza tiba-tiba muncul di pikiran kita, otak secara tidak sadar mencari stimulasi dan makanan tersbeut jadi susah dilupakan. Untuk menghindari hal tersebut, temukan aktivitas yang selalu membuat kita sibuk seperti membaca, menjahit atau mengerjakan TTS silang.

Melewatkan olahragaIstirahat memang dibutuhkan, tapi jika terus-terusan melewatkan olahraga, hal itu bisa membuat kita makan lebih banyak. Alasannya bisa karena hormone dan juga faktor psikologis. Olahraga sederhana pada dasarnya bisa mengurangi selera makan dengan cara meningkatkan hormon penekan selera makan dan mengurangi hormone penyebab rasa lapar.

Melewatkan sarapanMelewatkan sarapan mungkin terlihat sebagai cara yang baik untuk menjaga kalori tetap rendah. Namun, penelitian mengatakan bahwa mereka yang melewatkan sarapan justru makan lebih banyak. Hal ini terjadi karena ketika kita tidak sarapan, kita membiarkan tubuh kita lapar sehingga jadi makan berlebihan dan itu bukan seseuatu yang bagus.

Itulah 9 hal yang membuat kita makan lebih banyak. Tetap perhatikan pola dan porsi makan agar berat badan tetap terjaga dan kita selalu sehat! (time.com)