Find Us On Social Media :

Kegemukan Menyebabkan Penyakit

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 11 Juli 2015 | 18:20 WIB

Kegemukan Menyebabkan Penyakit

Intisari-Online.com - Mungkin kita sering melihat orang yang memiliki postur tubuh gemuk sering memiliki penyakit yang terbilang serius. Memang benar, kegemukan dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, mengatur berat badan ideal menjadi hal yang penting untuk kita.

Salah satu ukuran yang digunakan untuk melihat seseorang mengalami kegemukan atau tidak adalah melalui ukuran pinggang. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh berbagai penelitian di Eropa menunjukkan bahwa penambahan lingkar pinggang sebanyak lima sentimeter akan meningkatkan risiko kematian sebanyak 17% pada pria dan 13% pada wanita.

Lingkar pinggang yang lebar pada seseorang, menujukkan tingginya timbunan lemak di dalam perut. Hal ini kemudian akan menghimpit organ tubuh, seperti paru-paru dan jantung. Selain itu juga, timbunan lemak yang berlebih dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit metabolik, misalnya diabetes dan serangan jantung.

Idealnya, seseorang harus memiliki lingkar pinggang yang tidak lebih dari empat jengkalnya sendiri. Coba cek lebar pinggang Anda!

Jangan lupa untuk mengontrol berat badan kita, ya agar tidak terlalu gemuk karena kegemukan dapat menyebabkan penyakit. (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)